Spot Surving Bengkulu Berkelas Internasional

Oleh Tgl: May 27, 2014
Bengkulu Rafflesia Surving Community (brasco)

BENGKULU – Pantai Panjang Kota Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia memiliki spot selancar atau surving berkelas internasional.

Ketinggian ombak yang bisa mencapai 5 meter dan hamparan pasir putih menjadikan pantai Bengkulu menjadi magnit bagi para peselancar.

Tidak kurang dari 30 spot yang aman dan menantang di sepanjang garis pantai Kota Bengkulu. Beberapa wilayah memang memiliki hamparan terumbu karang dan tubir atau lubang yang berbahaya.

Cahyadi Kurniawan, peselancar yang tergabung dalam Bengkulu Rafflesia Surving Community (brasco) mengatakan, potensi spot surving Bengkulu belum begitu dikenal para surver internasional.

“Beberapa kali surver manca negara menjajal ombak disini dan mengakui sangat tertantang dan puas berselancar disini,” ujar Cahyadi di Bengkulu (27/5/2014).

Selain Brasco juga ada puluhan surver yang tergabung dalam Tapak Paderi Surving Community yang lebih banyak melakukan aktivitas Surving di Pantai Tapak Paderi.

Rencananya kedua klub surving ini akan menggelar lomba tingkat Internasional pada akhir bulan Agustus mendatang dalam rangkaian kegiatan Bumi Rafflesia Beach Festival.

“Ini momentum untuk mengajak para peselancar internasional datang ke Bengkulu. Beberapa negara bahkan sudah menyatakan bersedia datang. Yang pasti Australia, Selandia Baru dan beberapa peselancar yang biasa main di Bali penasaran untuk menjajal ombak Bengkulu,” ujar Cahyadi.

James Cortbright, wisatawan Australia mengaku sulit menaklukan ombak Bengkulu. Sebab selain ketinggian ombak juga ada beberapa spot yang besinggungan dengan hamparan karang.

Dia mengusulkan agar dibuat tanda lokasi aman dan perbanyak menara pemantau agar para surver merasa aman dan terpantau.

“Its amazing and I like this beach,” ujar James. (dyo)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *