PAN Bengkulu Siap Hadapi Gugatan Golkar

Oleh Tgl: May 11, 2014

BENGKULU – Partai Amanat Nasional menyatakan siap meladeni gugatan Partai Golkar pasca pengesahan rekapitulasi suara pileg oleh KPU Pusat 9 Mei lalu.

Koordinator Bapilu PAN Provinsi Bengkulu Kusminto Gunawan menyatakan, rekap yang sudah disahkan KPU malah merugikan PAN. Karena keputusan itu tetap memposisikan PAN meraih kursi DPR RI maka pihaknya setuju saja dengan hasil pleno.

“Hitungan kami sebenarnya kami unggul 120 suara, pada pleno di KPU Provinsi Bengkulu 23 April kami hanya unggul 88 suara. Tapi hasil pleno KPU Pusat 9 Mei kami turun lagi hanya unggul 68 suara dari Golkar. Kami yang dirugikan sebenarnya,” tegas Kusminto si Bengkulu (11/5/2014).

Partai Golkar mengajukan gugatan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi menggugat hasil pleno KPU untuk 6 wilayah termasuk Bengkulu.

Berdasarkan hitungan saksi Golkar yang tertuang dalan formulir C1milik Golkar, mereka mengklaim unggul lebih dari 300 suara. Saksi Golkar Lovi Irawan menyatakan terjadi selisih suara di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Kaur. “Pleno pencermatan di KPU Bengkulu tidak saya tandatangani. Dan ini langkah kami mendaftarkan sengketa gugatan ke MK,” ujar Lovi.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Kurnia Utama menyatakan, siapapun yang bertanding tentu ingin menang. “Kita menghormati proses demokrasi ini. Ibarat memakai baju tentu saja kita ingin kancingnya terpasang lengkap dan itu orang yang menilai. Kami menempuh jalur ini karena inilah demokrasi dan harus dijalankan,” ujar Kurnia Utama.

Menanggapi hal ini, Kusminto menyatakan sudah menyiapkan semua berkas C1 di semua TPS se Provinsi Bengkulu. Pihaknya bahkan sudah menunjuk advokat Agustam Rahman untuk melakukan advokasi dan pembelaan.

“Tim advokad kita akan berkoordinasi dan bergabung dengan tim pengacara DPP PAN untuk melakukan pembelaan di Mahkamah Konstitusi,” demikian Kusminto.(dyo)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *