Harimau Sumatra Kelaparan Mangsa Ternak Warga

Oleh Tgl: May 24, 2014
Harimau Elsa

BENGKULU – Rusaknya kawasan konservasi Semidang Bukit Kabu di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu mengakibatkan Harimau Sumatra kelaparan dan memasuki kawasan pemukiman warga untuk mencari makanan.

Dalam sepekan terakhir warga Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara mendapati kandang ternak mereka dibobol Harimau dan memakan ternak yang dipelihara warga.

Basirin (52) warga Desa Sekalak mengatakan jejak kaki yang ada di sekitar kandang jelas merupakan jejak harimau.

“Dari jejaknya paling tidak panjang badan harimau tidak kurang dari 1,5 meter. Kami tidak melihat langsung hanya mendengar suaranya saja saat malam tiba, khawatir jika kami keluar rumah malah kami yang jadi mangsanya,” ujar Basirin (24/5/2014).

Ternak yang jadi incaran harimau bukan hanya unggas sejenis ayam, bebek atau angsa, bahkan beberapa ekor kambing dan sapi ikut menjadi mangsa.

Camat Seluma Timur Mawatul Asia menjelaskan, kondisi ini sudah sangat meresahkan dan mengancam jiwa warga desa. Masuknya harimau ini akibat kawasan konservasi di Semidang Bukit Kabu sudah rusak karena dibuka untuk kebun warga pendatang.

“Kami sudah melapor kepada pihak Kabupaten dan BKSDA tapi sampai hari ini belum juga ada tindakan. Warga juga tidak berani turun ke ladang khawatir ketemu harimau,” ujar Mawatul.

Desa Sekalak memang berbatasan langsung dengan wilayah konservasi harimau Semidang Bukit Kabu. Tercatat dalam dua tahun terakhir sudah ada 5 orang warga menjadi korban terkaman binatang buas ini, 2 diantaranya meninggal dunia.

Tidak hanya harimau, desa ini juga sering menjadi sasaran serangan beruang yang kelaparan. Beberapa waktu lalu, warga sempat memergoki beruang yang merusak kebun ubi milik warga. Untungnya beruang itu bisa diusir secara beramai ramai oleh warga.

Namun untuk mengatasi gangguan harimau warga mengaku kewalahan. “Tolong kepada pihak BKSDA untuk bisa bertindak cepat sebab kami perlu kenyamanan untuk turun bekerja ke ladang,” demikian Mawatul. (dyo)





One Comment

  1. eeng

    October 4, 2014 at 04:11

    mp pak sebelum ny tlg pmbuka an ladang ny jgn smpy dalam bgi warga yang bru tgl di seluma/atau yg lma
    krna sya yg takut bkn harimau asli trun harimau setuo bgi warga seluma yg lm psti tau

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *