Buruh WNA Tewas Dalam Terowongan PLTMH

Oleh Tgl: May 1, 2014

BENGKULU – Seorang buruh warga negara Republik Rakyat China (RRC) Liu Xui Hui (24) tewas dalam terowongan di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu.

Liu tewas tertimbun material longsor dalam terowongan pada Rabu (30/4) jam 22.00 Wib. Saat itu dia bersama beberapa pekerja tengah melakukan pengeboran untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di Kabupaten Lebong.

Liu bekerja sebagai buruh kontrak oleh pelaksana kegiatan pembangunan PLTMH PT Bangun Citra Lestari yang berkantor di Jakarta.

Stage Manager PT Bangun Citra Lestari Karel Jaya Pramana mengatakan, saat kejadian kondisi cuaca di lokasi memang tengah hujan lebat.

“Dia melakukan pengeboran di kedalaman 25 meter dalam posisi menyamping. Tiba-tiba saja lumpur dan bebatuan runtuh dan menimpa beberapa pekerja. Sayangnya Liu yang berada paling ujung terowongan tidak bisa menelamatkan diri,” ujar Karel di depan kamar Jenazah RSUD M Yunus Bengkulu (1/5/2014).

Evakuasi dilakukan menggunakan peralatan berat selama dua jam. Usai dikeluarkan dari lubang terowongan, mayat Liu langsung dilarikan ke RSUD M Yunus Bengkulu untuk dilakukan pembersihan dan penitipan di Kamar Mayat ruang Kamboja.

Jenazah Liu rencananya akan di kremasi di klenteng Jl Jenggalu Kota Bengkulu 5 hari kedepan dan abunya akan dibawa ke China tanah kelahiran Liu.

“Kami masih menunggu keluarga korban datang dari China. Diperkirakan 4 atau 5 hari lagi tiba di Bengkulu. Setelah itu baru kita kremasi,” lanjut Karel. (dyo)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *