6 “Menu” Wajib Buat Penggemar Olahraga

Oleh Tgl: May 2, 2014
Olahraga

Olahraga berat boleh-boleh saja, asal Anda tetap memerhatikan asupan dan perkembangan tingkat kemampuan fisik Anda. Karena, bisa-bisa hobi sehat Anda ini justru malah membuat Anda menjadi tidak sehat.

1. Tingkat Latihan

Tingkat latihan harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kemampuan latihan Anda secara perkala. Maksudnya, jangan olahraga di saat kondisi fisik tidak memungkinkan, seperti baru sembuh dari sakit. Mengenai kemampuan latihan, jika Anda ingin menambah waktu lari Anda, jangan secara drastis misalnya dari satu jam menjadi dua jam. Lebih aman, Anda menambah per 30 menit.

2. Air Putih

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya latihan, Anda akan terbiasa dengan rasa haus. Sehingga yang terjadi, Anda sering melewatkan rasa haus dan lama-lama lupa kalau Anda belum minum sama sekali. Tubuh yang memiliki banyak aktifitas perlu asupan cairan. Mungkin Anda sepele, tapi tanpa Anda sadari ini bisa berakibat buruk pada kesehatan.

3. Sayuran & Buah-buahan

Sebaiknya, hindari suplemen dan beralih mengonsumsi makanan-makanan alami yang bisa menambah daya tahan tubuh. Misalnya sayur dan buah-buahan. Sebaiknya konsumsi sayuran rebus dan ditumis dengan sedikit minyak.

4. Jeda

Jangan terlalu menekan diri Anda dengan latihan. Sebaiknya ambil jeda satu atau dua hari dalam seminggu untuk merilekskan otot-otot Anda. Jangan sampai otot stres yang bisa berakibat fatal yang bisa membuat cidera. Bukan tak mungkin membuat Anda tidak bisa melakukan olahraga favorit lagi.

5. Peregangan

Banyak yang sering melewatkan peregangan dan menganggap sepele dengan ini. Sejatinya jika Anda meluputkan peregangan akan menimbulkan pegal berlebihan bahkan cidera/ Inti dari peregangan sederhana saja sebenarnya, Anda merenggangkan otot yang tadi digunakan untuk beraktifitas agar rileks.

6. Variasi

Memvariasikan olahraga adalah salah satu cara agar otot tidak “bosan” pun Anda juga tidak jenuh karena melakukan aktifitas yang itu-itu saja. Beberapa variasi olahraga yang bisa dilakukan misalnya, lari dengan twister, lari dengan renang atau lari dengan bulu tangkis. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *