3 Kunci Self Respect

Oleh Tgl: May 17, 2014

Kau bisa menjelajahi seluruh penjuru dunia dan kau tidak akan pernah menemukan siapapun yang lebih layak mendapatkan cinta selain dirimu—Sang Buddha.

Lantas kenapa Anda kurang menghargai diri sendiri? Ketika mengalami penolakan dari orang-orang terdekat ataupun orang-orang yang Anda anggap penting, Anda langsung down dan kehilangan self respect.

Memang benar, penulis besar Haruki Murakami mengatakan, mencintai orang lain adalah jalan untuk mencintai diri sendiri, tapi tetap saja menghargai diri sendiri adalah jalan untuk menemukan kebahagiaan. Anda setuju?

1. Mengapresiasi Kualitas Diri

Bakat apa yang Anda miliki yang dapat Anda gunakan untuk membantu orang lain? Apakah itu sifat riang, belas kasihan atau kesabaran Anda? perhatian And aterhadap detail atau kemampuan untuk membuat orang lain bekerja-sama dalam menyelesaikan tugas?

Ketimbang fokus pada hal-hal yang membuat Anda lemah, sebaiknya memusatkan diri pada bakat-bakat serta hal-hal positif dalam diri Anda. Mengabaikan semua perkataan dan perlakuan yang melemahkan.

2. Bersyukur

Sebagian besar kita memiliki kebiasaan untuk berkonsentrasi pada kekurangan ketimbang memberikan penghargaan kepada  sifat-sifat yang positif. Untuk membantu mensyukuri diri sendiri tidak ada salahnya menyimpan apresiasi yang diberikan orang-orang kepada Anda. Baik lewat surat, kartu ucapan ataupun pesan sederhana di smart phone.

Ketika Anda mersa kesal ataupun tersudut, bacalah apa yang ada didalamnya untuk mengingatkan Anda bahwa drama ataupun trauma yang terjadi di sekeliling Anda bukanlah diri Anda yang sesungguhnya.

3. Tidak Menunggu Sempurna

Jadilah kreatif dan lihatlah betapa besarnya kendali yang Anda miliki atas hidup Anda sendiri—jika Anda bersedia mengambilnya. Jangan batasi diri, biarkan dan lepaskan ide-ide yang ada dalam pikiran Anda, jangan takut untuk mengekspresikan diri.

Sering sekali dalam hidup ini, kita menunggu keajaiban datang. Misalnya seseorang datang untuk kemudian membantu Anda keluar dari masalah atau membuat impian Anda tercapai. Kenapa tidak yakin untuk menyelesaikan mimpi sendiri? Kenapa harus menunggu seseorang, jika Anda bisa sendiri untuk mewujudkannya? (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *