TPS Unik, Pemilih Dibagi Hadiah Menarik

Oleh Tgl: April 9, 2014
TPS UNIK

Dan terbukti ada peningkatan partisipasi pemilih dari tahun 2009 karena ditawarkan hadiah

Asrul Syafuan

BENGKULU – Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Bengkulu begitu menarik perhatian masyarakat. Pasalnya selain didesain ala dekorasi pesta, TPS ini memberikan beranekaragam hadiah untuk para pemilih.

TPS ini adalah TPS 2 yang berlokasi di Kelurahan Anggut Atas. Ketua PPS Asrul Syafuan mengungkapkan hadiah yang disiapkan untuk pemilih di Kelurahan Anggut Atas ini merupakan bentuk yang dapat dilakukan untuk menekan angka Golput pada Pemilihan Umum 2014 ini.

“Dan terbukti ada peningkatan partisipasi pemilih dari tahun 2009 karena ditawarkan hadiah,” katanya, Rabu (9/4).

Menurut dia dana untuk membelikan hadiah-hadiah ini merupakan dana pribadi dari honor Ketua dan anggota PPS dimana untuk Ketua honornya Rp 450 ribu dan anggota Rp 350 ribu, hadiah-hadiah ini katanya sama sekali tidak ada bantuan dari pemerintah maupun caleg.

“Ini dana kita sendiri, kami anggota PPS ada 7 orang secara sukarela memberi. Lagian hadiah yang dibeli kecil-kecilan seperti setrika dan yang paling besar atau termahal Dispenser,” katanya.

Disaat yang bersamaan TPS ini juga mendapat kunjungan dari Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bahtiar Najamudin menariknya karena baru menemukan TPS seperti ini wagub langsung memberikan reward kepada PPS dan KPPS serta menggantikan seluruh uang sumbangan PPS dan KPPS untuk membeli hadiah bagi pemilih itu.

“Saya sebenarnya sudah memikirkan ide ini tetapi saya takut nanti ada pelanggaran dari KPU, kalau sudah ada izin dari KPU untuk memberikan hadiah ya tidak ada masalah lagi,” tambahnya.

Sementara PPK Kecamatan Ratu Samban Ita Puspita mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh PPS dan KPPS ini sama sekali tidak melanggar karena dananya dari honor mereka pribadi dan tidak ada campur tangan dari caleg manapun.

“Tidak melanggar sebab aturan dan tujuannya baik untuk menekan golput. Kita bangga jugoa dengan PPS karena dana bukan dari dana pihak lain,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *