Sirup Kalamansi Jadi Komoditas Andalan Di Bengkulu

Oleh Tgl: April 23, 2014

etiap minggu pasti nyetok, biasanya supplier memasukkan 30 botol sirup kalamansi dengan volume 1000 liter perminggu dan Alhamdulillah selalu habis

Fadilah

BENGKULU – Jeruk kalamansi (Citrus Fortunela Microcarpa) menjadi produk khas andalan di Kota Bengkulu hal ini lantaran selain diminati oleh warga di Kota Bengkulu juga menjadi buah andalan yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung di Kota Bengkulu.

Jeruk berukuran mini ini  sudah di budidayakan secara luas di masyarakat. Bahkan untuk menarik perhatian banyak diolah menjadi sirup yang dijual dalam bentuk kemasan yang cantik.

Dari pantauan jurnalis dikawasan Anggut Atas, di pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu hampir seluruhnya menjajakan olahan dari jeruk Kalamansi yang berbentuk sirup dan berwarna kuning pekat itu dengan berbagai jenis dan merk.

Salah satu penjual oleh-oleh, Fadilah yang juga pemilik Toko Citarasa mengatakan dari semua oleh-oleh yang ia jual, produk sirup Kalamansilah yang paling banyak peminatnya.

“Yang paling laris itu Sirup Kalamansi terus ada juga Kue Tat, Lempuk, Perut Punai dan emping Melinjo,” katanya.

Menurut dia banyak merek sirup Kalamansi yang masuk ke tokonya dari berbagai supplier yang ada di Kota Bengkulu. Dan banyaknya merek tersebut kata dia membuat pembeli banyak pilihan.

“Karena produk ini hadir dalam berbagai botol ada yang isinya 1000ml sampai literan jumlah besar dengan harga termurah 25 ribu Rupiah perbotol,” jelas dia.

Fadillah mengatakan supplier secara rutin mamasukkan Sirup Kalamansi ke tokonya per minggu.”Setiap minggu pasti nyetok, biasanya supplier memasukkan 30 botol sirup kalamansi dengan volume 1000 liter perminggu dan Alhamdulillah selalu habis,” jelasnya.

Dikatakan dia, untuk mempermudah akses pembeli pada merek sirup itu juga dicantumkan nama, alamat serta kontak HP petani atau supplier sehingga wisatawan atau warga kota yang berminat membeli dalam jumlah besar dapat langsung ke petani atau supplier.

Pelancong asal Palembang, Aris mengatakan selain membeli jeruk kalamansi yang sudah diolah jadi sirup dirinya juga membeli buah jeruk itu langsung.

“Saya suka minum es jeruk, dan buah jeruk ini kan enak kalau untuk penghilang bau amis makanan dan kalau kami untuk makan Tekwan dan Pempek enak juga ditambah jeruk,” tambahnya.

Sirup Kalamansi ini sendiri disiapkan dan diseduh dengan berbagai cara, bisa dengan ditambahkan es batu atau seduh cara dingin atau dengan ditambahkan air hangat. Sistem seduh dari 2 cara ini sama sekali tidak mempengaruhi kandungan vitamin C nya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *