Sebanyak 1654 Orang Memilih Di TPS Lain

Oleh Tgl: April 27, 2014
Siti Baroroh

Mereka yang memilih di TPS lain dari catatan kita sebanyak 1654 Pemilih, memang mereka kita golongkan pada pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) atau pemilih dari TPS lain

Siti Baroroh

BENGKULU – Adanya aturan pada pemilu tahun ini dimana orang-orang dari luar kota atau bahkan provinsi, bisa mencoblos wakil rakyat di daerah Provinsi Bengkulu membuat tingginya angka pemilih yang memilih di TPS lain bukan TPS asalnya.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Perencanaan, Keuangan Dan Data Siti Baroroh mengatakan sebanyak 1654 Pemilih memilih bukan di TPS asalnya namun melainkan memilih di TPS lain. Kelonggaran ini memang tujuannya untuk mengurangi golongan putih (golput).

“Mereka yang memilih di TPS lain dari catatan kita sebanyak 1654 Pemilih, memang mereka kita golongkan pada pengguna hak pilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) atau pemilih dari TPS lain,” kata Siti.

Dari data yang ada kata Siti, dari 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS lain tertinggi ada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara yakni sebanyak 480 orang dengan komposisi laki-laki 249 orang dan perempuan sebanyak 231 orang. Kemudian terbanyak kedua yakni Kota Bengkulu sebanyak 324 orang dimana komposisi laki-laki 169 orang dan perempuan sebanyak 155 orang.

“Sementara untuk pemilih TPS lain yang paling rendah yakni di Kabupaten Lebong sebanyak 28 orang dimana komposisi laki-laki 18 orang dan perempuan hanya 10 orang,” tambahnya.

Lebih lanjut Siti mengatakan aturan pemilih TPS lain ini dibuka lantaran banyak keluhan dari mahasiswa dan perantau yang terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Aturan ini sedniri diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 9/2013 tentang Pendaftaran Pemilih dan PKPU 26/2013 tentang Pemungutan Suara.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *