RRI Lakukan Quick Count Di 16 TPS Se-Provinsi Bengkulu

Oleh Tgl: April 7, 2014
pemilu2014

Untuk wilayah se Provinsi Bengkulu LPP RRI akan melakukan quick count pada 16 TPS yang sudah ditetapkan

Drs. Sulaiman Yusuf

BENGKULU – Kepala Stasiun LPP RRI Bengkulu Drs. Sulaiman Yusuf mengatakan untuk membantu lancarnya pemilu 2014 di Provinsi Bengkulu, LPP RRI Bengkulu akan melakukan hitung cepat (quick count) saat berlangsungnya pileg, Rabu (9/4) lusa mendatang.

“Untuk wilayah se Provinsi Bengkulu LPP RRI akan melakukan quick count pada 16 TPS yang sudah ditetapkan,” katanya kepada bengkuluonline.com.

Menurutnya dari 16 TPS yang sudah ditetapkan oleh tim survey, hampir seluruh kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu terwakili kecuali Kabupaten Lebong yang memang tidak masuk peta tim survey.

Untuk melaksanakan quick count ini RRI Bengkulu sendiri sudah menyiapkan relawan dimana 1 TPS untuk 1 relawan yang sudah dibekali dengan kemampuan dan teknik untuk melaporkan secara cepat hasil penghitungan surat suara dari setiap TPS tempat mereka bertugas. Sehingga hasil perhitungan sura sudah bisa disiarkan 2 jam setelah TPS ditutup sesuai dengan aturan KPU.

“Metodenya lebih rapih dan lebih modern dibanding 2009 lalu. Sebab pada quick count yang melibatkan relawan ini sudah menggunaan databese, aplikasi android RRI sebagai media petugas untuk memasukkan laporannya,” terangnya.

Menurut Sulaiman, sebagai lembaga penyiaran publik RRI merupakan satu-satunya Radio Pemilu yang melaksanakan quick count. Dimana program ini berasal mulai dari 2009 ketika RRI membuat quick report.

“Awalnya hanya laporan cepat di 2009 Kemudian dengan kegiatan broadcast radio yang ingin melaporkan tentang kegiatan pemilu secara cepat ditambah banyaknya lembaga survey riset yang berkembang kami menyajikan dalam bentuk quick count,” katanya.

Sulaiman berharap dengan adanya program ini bisa membantu mengatasi kecurangan pada penghitungan surat suara yang bisa saja dilakukan oknum penyelenggara. Untuk diketahui program ini dilakukan serentak se Indonesia oleh LPP RRI disetiap daerah untuk wilayah Bengkulu hasil quick count bisa didengar oleh masyarakat melalui RRI Pro 1, Pro 2, dan Pro 3.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *