Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Unib Manfaatkan Barang Bekas

Oleh Tgl: April 22, 2014
Hari Bumi

Rangkaian acaranya dimulai dari upacara pada Selasa pagi puku 08.00 WIB. Lalu menuliskan testimoni dengan tanda tangan di kain putih yang nantinya diserahkan kepada pihak rektorat Unib

Ade Harmen

BENGKULU – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, puluhan mahasiswa Universitas Bengkulu yang tergabung dalam gabungan mahasiswa pecinta alam se Universitas Bengkulu melaksanakan peringatan Hari Bumi di dalam kampus Unib.

Peringatan Hari Bumi yang diselenggarakan serempak diseluruh dunia ini semakin menarik dengan kreasi-kreasi yang ditampilkan mahasiswa dibeberapa sudut universitas yang merupakan produk daur ulang sampah seperti putung rokok.

Diungkapkan oleh koordinator acara Ade Harmen dari Mahupala menjelaskan ada 8 lembaga mahasiswa pecinta alam tingkat fakultas yang terlibat pada kegiatan ini, diantaranya PAFE, Mahupala, Palasostik, Kampala, Mahesapala,Vulkanik, Magupala.

“Rangkaian acaranya dimulai dari upacara pada Selasa pagi puku 08.00 WIB. Lalu menuliskan testimoni dengan tanda tangan di kain putih yang nantinya diserahkan kepada pihak rektorat Unib,” katanya, Selasa (22/4) di kampus Unib.

Selain aksi tanda tangan, pada kesempatan ini mahasiswa juga menggelar longmarch seputar Kampus Unib sambil mengumpulkan sampah-sampah yang ada.

“Setelah kegiatan ini kami juga mengadakan audiensi dengan pihak rektorat, mengenai masalah lingkungan dan sampah di dalam lingkungan Kampus Unib,” katanya.

Disisi lain Pecinta Alam Fakultas Ekonomi (PAFE) juga mengelar beberapa buah event dengan tema “kampanye bumi bersih” diantara rangkaian kegiatannya adalah  aksi bersih diseputaran kampus Unib, lomba lintas kota sambil mengumpulkan sampah-sampah yang ada, serta green musik pestival, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 april sampai dengan 27 april 2014.

Sementara itu Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Bengkulu (Mapetala Unib) menyelenggarakan hal sama memperingati hari bumi di depan sekrenya.

“Kalau di fakultas kami kami akan melakukan aksi bersih di seputar Kampus Unib. Pada hari kamis tanggal 24 april akan melakukan aksi cabut paku, membersihkan segala paku-paku yang terpancang di pohon-pohon, serta membersihkan segala pamlet-pamlet, poster-poster yang tidak resmi di sepanjang jalan mayjen sutoyo kota Bengkulu,” kata ketua pelaksana syafrizal.

Lalu pada tanggal 28 April, Syafrizal juga mengatakan akan diadakan pameran dan lomba daur ulang sampah dengan bahan utamanya sampah-sampah yang tidak terpakai diolah jadi karya tangan maupun karya seni lainnya. (sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *