Pemilih Di Pilpres Bertambah 22.568 Orang

Oleh Tgl: April 24, 2014
siti-baroroh-kpu-bengkulu

22.568 orang ini merupakan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dimana mereka masuk kategori pemilih pemula

Siti Baroroh

BENGKULU – Meski tahapan pemilu 9 April 2014 masih dalam proses namun pemuktahiran data DaftarPemilih Tetap (DPT) terus dilakukan menyambut Pilres 2014 yang bakal digelar Juli mendatang.

Bahkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Perencanaan, Keuangan Dan Data mengatakan sampai ini telah terjadi penambahan jumlah peserta pemilu pada Pilpres mendatang sebanyak 22.568 yang akan masuk sebagai pemilih.

“22.568 orang ini merupakan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dimana mereka masuk kategori pemilih pemula,” kata Siti, Kamis (24/4).

Penambahan ini juga sesuai dengan prediksi Siti, dimana sebelumnya dia memastikan pemilih pasti bertambah dibanding DPT pada pileg lalu mengingat data kependudukan di masyarakat bersifat dinamis.

Apalagi DPTB itu adalah para pemilih pemula yang sejak tanggal 10 April hingga 9 Juli 2014 usianya sudah 17 tahun, DPTb ini nantinya akan ditambahkan dengan DPT pileg kemudian digabung menjadi DPS pilpres sebelum diputuskan menjadi DPT pilpres.

“Ya pasti bertambah sekarang ini aja bertambah, kan usia orang makin hari makin bertambah. Data yang kita ketahui saja secara nasional DPTb itu jumlahnya total ada 3.113.714,” tambahnya.

Lebih lanjut Siti mengatakan dari DPT pileg April lalu, dimana terdata sebanyak 1.528.511 DPT seProvinsi Bengkulu saat ini sudah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pilpres. Dan akan bertambah lagi dari Daftar Pemilih Khusus (DPK) serta dari Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) yang akan kembali mereka data melalui pantarlih.

“PPS akan mendata ulang dan melakukan verifikasi data tersebut agar bisa memilih pada Pilres nanti,” demikian Siti.(sey).





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *