Pelaksanaan UN 2014, Tidak Ada Pengaduan Di Bengkulu

Oleh Tgl: April 18, 2014

Sampai saat ini, pihak Ombudsman Perwakilan Bengkulu belum ada menerima laporan pengaduan dari masyarakat terkait pelaksanaan UN

Herdi Puryanto, SE

BENGKULU – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Herdi Puryanto, SE, mengatakan sejak awal pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 yang dimulai pada 14 sampai 16 April kemarin, belum ada laporan adanya permasalahan dalam pelaksanaan ujian nasional di Provinsi Bengkulu.

“Sampai saat ini, pihak Ombudsman Perwakilan Bengkulu belum ada menerima laporan pengaduan dari masyarakat terkait pelaksanaan UN,” katanya, Jum’at (18/4) petang.

Kepada bengkuluonline, Herdi menyampaikan minimnya laporan masyarakat ke Ombudsman yang sejak pelaksanaan UN sudah membuka posko pengaduan dan laporan terkait pelaksanaan ujian nasional (UN) menandakan pelaksanaan UN di Bengkulu berjalan dengan lancar dan aman.

“Dan mudah-mudahan memang berjalan lancar, saya pikir bukan karena masyarakat tidak tahu. Tetapi memang pelaksanaan UN berjalan normal,” katanya.

Herdi menuturkan selain menampung pengaduan terkait pelaksanaan UN, berdasarkan pemantauan dan pengawasan Ombusdman ke beberapa sekolah di Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Bengkulu Tengah juga tidak ditemukan persoalan yang berarti.

“Dari 10 sekolah selama 3 hari proses pemantauan juga tidak ditemukan pelanggaran yang menonjol hanya pelanggaran ringan saja seperti guru sibuk baca Koran. Semuanya sudah memenuhi standar,” jelas dia.

Disisi lain ketika ditanya jurnalis terkait jual beli kunci jawaban UN yang sudah beredar pihaknya sama sekali tidak menemukan masalah tersebut bahkan dirinya juga mengetahui adanya informasi itu setelah media mempublikasikannya.

“Kalau secara pemberitaan kami tahu tetapi kalau dilapangan sama sekali tidak kita temukan adanya kebocoran kunci jawaban. Kalau menurut saya sih itu terlalu repot terlebih paket soal 20 per kelas, jika siswa mempercayai kunci itu peluang kesalahannya kan sangat besar,” tutupnya.(sey)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *