Panwaslu Ajak Masyarakat Awasi Proses Rekapitulasi

Oleh Tgl: April 11, 2014
Sosialisasi Pemilu KPU Kota bengkulu relawan demokrasi

Hari ini beberapa kecamatan akan dilakukan rekapitulasi, memang kami terus melakukan pengawasan tetapi kami juga minta masyarakat ikut bersama-sama mengawasi sebab potensi kecurangan dapat terjadi pada saat rekapitulasi suara

Fatimah Siregar

BENGKULU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bengkulu tidak hanya mengintensifkan pengawasan proses rekapitulasi suara yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan, namun juga meminta masyarakat untuk ikut serta mengawasi proses rekapitulasi suara pemilu legislaltif 2014 secara berjenjang.

Seperti diungkapkan oleh oleh Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Kota Bengkulu, Fatimah Siregar menurutnya proses rekapitulasi terus dilakukan apalagi hari ini, Jum’at (11/4) dijadwalkan untuk Kecamatan Selebar, Ratu Agung dan Kampung Melayu.

“Hari ini beberapa kecamatan akan dilakukan rekapitulasi, memang kami terus melakukan pengawasan tetapi kami juga minta masyarakat ikut bersama-sama mengawasi sebab potensi kecurangan dapat terjadi pada saat rekapitulasi suara,” katanya.

Menurut dia, pleno di 67 PPS sudah mulai dilakukan sejak Rabu (10/4) kemarin, di 5 Kecamatan, yakni Sungai serut, Muara bangkahulu, Ratu samban, Singaran Pati dan Gading Cempaka.

Kemungkinan terjadi kekeliruan, kata Fatimah bisa saja terjadi lantaran anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelelahan saat melakukan penghitungan suara. Karenanya dibutuhkan dukungan dari semua pihak dalam melakukan pengawasan sebab jika terjadi upaya untuk melakukan perubahan perolehan suara, maka itu akan termasuk tindakan pidana pemilu, dan akan kita laporkan ke kepolisian serta diancam penjara 3 tahun dan denda 36 Rp. 36 juta.

“Semua tahapan sangat rentan terjadi kecurangan, dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan, agar tidak ada indikasi kecurangan,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *