Ombudsman Bengkulu Buka Posko Pengaduan UN

Oleh Tgl: April 14, 2014
Ombudsman

Bila ada, posko Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu juga menerima seandainya terdapat siswa yang dilarang mengikuti UN karena belum membayar uang sekolah

Herdi Puryanto, SE

BENGKULU – Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu buka posko pengaduan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA/ SMK/ MA/ SMALB, SMP/MTs/SMPLB. Posko yang dibuka di kantor Ombudsman Bengkulu, jalan Raflesia Kelurahan Nusa Indah itu menerima seluruh pengaduan terkait UN.

“Berkaitan dengan tugas dan fungsi Ombudsman RI menurut UU 37 Tahun 2008 dan UU 25 Tahun 2009, pendidikan dan pengajaran masuk dalam ruang lingkup pengawasan pelayanan publik,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bengkulu, Herdi Puryanto, SE, di sela-sela pengawasan langsung di MAN 1 Model Kota Bengkulu, Senin, (14/4).

Dikatakannya, Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu juga memantau dan mengawasi teknis penyelenggaraan sampai ke sekolah dan pengawas UN. Termasuk mengawasi kebocoran soal dan kunci jawaban serta unsur guru yang membantu atau merubah lembar jawaban siswa.

“Pengawasan sudah kita mulai dari distribusi soal, sampai pelaksanaan disekolah yang kita pilih secara acak. Bila ada, posko Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu juga menerima seandainya terdapat siswa yang dilarang mengikuti UN karena belum membayar uang sekolah,” ungkapnya.

Dilanjutkan, untuk  mempermudah  masyarakat  menyampaikan  laporan  terkait pelaksanaan UN, Ombudsman RI di Jakarta (Pusat) membuka SMS Pengaduan Center di nomor 0811 9899031. Dengan format laporan, nama pelapor*No.KTP*Asal Provinsi*isi laporan. Masyarakat atau pelapor juga bisa menyampaikan ke SMS Pengaduan Kantor Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu di nomor 0813 7356 0999 dengan format yang sama.

“Atau datang langsung ke kantor Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu. Untuk ujian tingkat SD/MI, walaupun UN tidak diberlakukan lagi, tapi kami tetap akan memantau pelaksanaannya secara langsung,” tutup Herdi.(Rilis Ombusdman Bengkulu/**)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *