NCID: Exit Poll, Garuda dan Banteng dominasi, Beringin menempel ketat

Oleh Tgl: April 9, 2014
exit-poll-ncid

Jakarta, 9 April 2014- Dari Exit Poll yang dilakukan oleh NCID, partai berlambang banteng dan garuda untuk sementara mendominasi perolehan suara Pemilu legislatif 2014. Kedua partai ini ditempel ketat oleh partai Golkar.

Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman memprediksi Gerindra dan PDIP akan terus bersaing dengan ketat. Meskipun akan banyak perubahan dalam perolehan suara, Jajat yakin survei ini adalah cermin dari keadaan sebenarnya di lapangan. Dalam riset ini pesaing terdekat Gerindra dan PDIP adalah Golkar dengan perolehan suara 20.2%, diikuti oleh Demokrat dengan 4.9%, dan PAN yang meraih 4.7%.

“Dari survei yang kami lakukan hari ini, terlihat jelas bahwa Gerindra dan PDIP akan bersaing ketat. Riset kami menunjukan Gerindra mendapat 27.1% dan PDIP 25.4%, kami prediksi kedua partai akan terus bersaing sampai akhir.”, ujarnya melalui rilis kepada bengkuluonline.com, Rabu(09/04/2014).

Survei Exit Poll NCID dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada 4 pemilih laki-laki dan perempuan pertama yang telah melakukan pencoblosan di bilik suara.  Riset ini dilakukan di 300 TPS yang dipilih secara acak di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Survei ini diikuti oleh 2.400 responden dengan Margin of Error 3.5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Jajat lanjut menjelaskan bahwa masih banyak perubahan menarik yang akan terjadi dalam Pemilu 2014. Tetapi persaingan ketat di posisi 3 besar akan terus menjadi pusat perhatian. “Masih terlalu cepat menyimpulkan hasil Pemilu 2014, tetapi kami yakin persaingan paling ketat akan terjadi di posisi 3 besar, kami juga berharap tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak tertentu”, tegas Jajat.

exit-poll-ncid





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *