Kunci Jawaban UN Beredar, Dihargai Rp 50 Ribu

Oleh Tgl: April 16, 2014
Kunci Jawaban Un

ebelumnya sudah dihimbau untuk tidak mempercayai kunci jawaban yang belum tahu kebenarannya sebab banyak oknum yang meraup keuntungan dengan menyebar kunci jawaban itu, Kan naskah Ujian Nasional sekarang terdiri dari 20 paket sangat sulit untuk bocor

Wahyu Dharma Priatna

BENGKULU – Baru beberapa hari dihimbau oleh Kadisdik Provinsi Bengkulu untuk tidak mempercayai adanya kunci jawaban yang mungkin saja beredar pada saat pelaksanaan UN. Kunci jawaban soal ujian nasional sudah banyak disebarluaskan di sekolah-sekolah di Kota Bengkulu bahkan satu kunci jawaban dihargai Rp 50 ribu per mata pelajaran.

Informasi ini didapatkan jurnalis dari salah seorang pelajar yang namanya tidak ingin disebutkan, menurut dia peredaran kunci jawaban soal ujian nasional ini sudah sejak hari pertama pelaksanaan UN, Senin (15/4) kemarin.

“Kami hampir semuanya menerima kunci jawaban soal UN, untuk mendapatkan kuncinya harus banyar Rp 50 ribu, karena kami menggunakan secara bersama-sama kami membeli dengan cara patungan,,” katanya, Rabu (16/4).

Menurut dia, kunci jawaban ini diedar dalam bentuk SMS, namun karena peraturan tata tertib pelaksanaan UN dilarang membawa HP dia bersama rekan menulis dalam kopelan kertas.

“Tingkat kebenaran jawaban tidak tahu yang jelas kami tulis dikertas dulu,” katanya.

Terkait hal ini Ketua Panitia UN Provinsi Bengkulu Wahyu Dharma Priatna mengatakan pihaknya sudah mensosialisasikan dan menghimbau agar siswa tidak mempercayai adanya kunci jawaban yang beredar. Karenanya dia sangat kecewa mengetahui ada oknum yang sengaja merusak konsentrasi belajar siswa.

“Sebelumnya sudah dihimbau untuk tidak mempercayai kunci jawaban yang belum tahu kebenarannya sebab banyak oknum yang meraup keuntungan dengan menyebar kunci jawaban itu, Kan naskah Ujian Nasional sekarang terdiri dari 20 paket sangat sulit untuk bocor,” katanya.

Karena hari ini ujian terakhir, Wahyu berharap hanya sedikit saja siswa yang percayai adanya bocoran tersebut sehingga peluang tidak lulus tidak besar.

Untuk diketahui, kunci jawaban yang berhasil didapatkan jurnalis berisikan “Ingat itu yang listening. Kirim kawan2 yg lain, ingat it yg listening..,” dan dilanjutkan dengan bocorannya.(sey)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *