KPU Temukan NIK Ganda Capai 16000

Oleh Tgl: April 1, 2014
siti-baroroh-kpu-bengkulu

BENGKULU – Kendati pemungutan suara pemilu 9 April 2014 tinggal 8 hari lagi namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu masih terkendala data pemilih.

“Sampai saat ini ada persoalan data pemilih yang masih kita proses dimana KPU Provinsi Bengkulu menemukan adanya puluhan ribu nomor induk kependudukan (NIK) ganda dari pemilih,” kata Komisioner KPU) Provinsi Bengkulu Siti Baroroh, Selasa (1/4) petang.

Siti mengatakan persoalan NIK Ganda ini terbanyak di Kota Bengkulu sebab dari data KPU Kota Bengkulu masih ditemukan data ganda yang angkanya mencapai 16000 peserta pemilih.

“Nik ganda Kota Bengkulu saja mencapai 16.000-an,” jelas dia.

Menurut dia persoalan NIK ganda bukan saja terjadi di Kota Bengkulu namun juga dirasakan pihak KPU Kabupaten namun angkanya sudah bisa ditanggulangi.

“Masalah NIK ini hampir menyebar di berbagai kabupaten/kota lainnya. Tetapi jumlahnya tidak terlalu besar,” terangnya.

Kendati demikian kata Siti sudah ada daerah yang bebas dari masalah data pemilih NIK ganda ini yakni Kabupaten Kepahiang. “Kepahiang sudah tidak lagi mengalami masalah NIK ganda. Komisioner KPUnya sudah menuntaskan semua,” paparnya.

Menurut dia komisioner KPU baik provinsi/kab/kota saat ini terus berusaha memecahkan persoalan data pemilih ganda ini dengan berkoordinasi dengan disdukcapil kabupaten/kota setempat.

“Solusinya, KPU terus berkoordinasi dengan disdukcapil kabupaten/kota untuk menelusuri dan memecahkan permasalahan NIK ganda tersebut, kita harap NIK ganda bisa tuntas sebelum pemilu,” tutupnya.(Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *