KPU Mulai Lakukan Perbaikan DPT Pilpres

Oleh Tgl: April 18, 2014
Sosialisasi Pemilu KPU Kota bengkulu relawan demokrasi

Kita mulai jalan, sesuai tahapan pelaksanaan Pilpres yang merujuk Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu Presiden dan Wakil Presiden

Siti Baroroh

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mulai melakukan pemuktahiran DPT untuk penyelenggaraan Pemilu Presiden 2014. Hal ini lantaran masih banyak masalah data pemilih tetap (DPT) yang juga belum juga terselesaikan pada pemilu legislative 9 April lalu.

“Saat ini KPU juga mulai menyusun program tahapan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 seperti pemuktahiran DPT,” kata komisioner KPU Provinsi, Siti Baroroh, Jum’at (18/4) petang.

Menurut Siti meski hasil pemilu 9 April masih belum diumumkan namun KPU sudah mulai mematangkan proses dan tahapan Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang sesuai peraturan yang sudah ada.

“Kita mulai jalan, sesuai tahapan pelaksanaan Pilpres yang merujuk Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu Presiden dan Wakil Presiden,” tuturnya.

Dari peraturan tersebut kata Siti, tahapan pelaksanaan oleh KPU Provinsi Bengkulu akan diawali dengan penyusunan daftar pemilih Pilpres. Dengan mengacu Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 yang sudah diputuskan KPU sebelumnya.

“Kalau sekarang lagi tahap sinkornisasi DPT pileg dengan DPTB, DPK, DPKTB, dan pemilih baru pasca pileg,” lanjutnya.

Siti mengatakan karena saat ini masih di proses pemilu 9 April, komiosioner KPU Provinsi Bengkulu masih memfokuskan pada hasil pemilu legislative itu. Sehingga untuk pemuktahiran DPT belum memerlukan bantuan dari pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Ditingkat provinsi belum perlu dilakukan koordinasi,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *