KPU : Dokumen C1 Tanpa Hologram Tetap Sah

Oleh Tgl: April 11, 2014
zainan

Semua yang ditandatangi oleh saksi dan KPPS adalah sah dan bisa digunakan sebagai bukti

Zainan Sagiman, SH

BENGKULU – Terkait adanya temuan dokumen C1 tanpa dilengkapi hologram dan membuat sejumlah saksi Parpol ketakutan ditanggapi langsung oleh Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu.

Seperti diungkapkan oleh Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Hukum dan Pengawasan Zainan Sagiman, SH mengungkapkan proses rekapitulasi dan pengisian formulir model C1 tetap sah meski tanpa hologram. Hal ini kata dia mengingat dokumen C1 dibuka pada saat pleno di tingkat TPS oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Dan kalaupun tidak berhologram tetap sah karena C1 pleno dibuka pada saat plano di PPS,” katanya Jum’at (11/4) petang via BBM.

Dikatakan dia, kendatipun tidak dilengkapi dengan hologram dokumen C1 itu sah karena adanya bukti tandatangan oleh para saksi dan menurutnya kecil peluang terjadi kesalahan-kesalahan mengingat penghitungan suara dilakukan secara terbuka, kalaupun ada kesalahan maka terbuka peluang untuk dikoreksi.

“Hologram C1 hanya untuk penghitungan di TPS dan masuk dalam kotak suara,” tambahnya.

Lebih lanjut ketika terjadi sengketa pemilu, Zainan mengatakan saksi parpol bisa melampirkan bukti dokumen yang sudah ditandatangi itu. Menurutnya dokumen C1 yang sudah ditandatangi sudah sah dan bisa menjadi alat bukti.

“Semua yang ditandatangi oleh saksi dan KPPS adalah sah dan bisa digunakan sebagai bukti,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *