Hitung Ulang, Dua Kabupaten Belum Juga Selesaikan Pleno

Oleh Tgl: April 22, 2014
Logo-KPU

Namun karena ada persoalan maka terpaksa mereka melakukan pleno dengan penambahan jadwal dari yang sudah ada, dan itu masih diperbolehkan

Zainan Sagiman SH

BENGKULU – Komisioner Divisi Data Dan Logistik KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman SH mengungkapkan sampai hari ini, Selasa (22/4) masih ada dua kabupaten yang belum selesai melakukan pleno yakni kabupaten Muko-Muko dan Bengkulu Utara.

“Kabupaten Muko-Muko dan Bengkulu Utara masih belum selesai melakukan pleno,” kata Zainan.

Padahal menurut Zainan, jika sesuai jadwal yang ditetapkan KPU RI,seluruh KPU Kabupaten/Kota sudah harus selesaikn pleno apalagi mulai besok KPU Provinsi akan melakukan pleno tingkat provinsi.

“Memang semestinya tanggal 21 April senin kemarin seluruh KPU kabupaten/kota sudah selesai melakukan pleno ditingkat mereka. Namun karena ada persoalan  maka terpaksa mereka melakukan pleno dengan penambahan jadwal dari yang sudah ada, dan itu masih diperbolehkan,” tambahnya.

Zainan menuturkan lambannya proses pleno oleh 2 kabupaten itu lantaran terjadi kekeliruan dalam penghitungan rekapitulasi data suara sehingga penyelenggara pemilu harus melakukan penghitungan ulang suara. Seperti persoalan di KPU Kabupaten BU dimana KPU harus hitung ulang sebanyak 88 kotak suara atas rekomendasi beberapa pihak termasuk internal partai terkait dugaan pengelembungan suara di Putri Hijau.

Namun kendati demikian pihaknya memaklumi hal tersebut mengingat pentingnya keterbukaan dan mengantisipasi terjadinya konflik. Hanya saja dua kabupaten ini dibatasi waktunya untuk segera menuntaskan pleno sampai besok.

“Alasan mereka lambat kan jelas, jadi tidak apa-apa yang penting sebelum pleno sampai tingkat KPU provinsi, semua persoalan tersebut harus sudah tuntas,” tutupnya.(sey)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *