Hari Kedua UN, Ombusdman Temukan Pengawas Sibuk Baca Koran

Oleh Tgl: April 15, 2014
Siswa Tengah UN

Dari catatan Ombudsman beberapa sekolah banyak pengawas yang sibuk membaca Koran sehingga peluang kecurangan menjadi besar. Padahal sudah dihimbau untuk fokus mengawas

Ridho Berlian, SH

BENGKULU – Ombudsman RI Provinsi perwakilan Provinsi Bengkulu menemukan adanya pelanggaran pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang sudah berlangsung sejak, Senin (14/4) kemarin.

“Kalau hari ini temuan yang kami dapati hanya pelanggaran-pelanggaran ringan saja, seperti siswa ribut di kelas dan tidak ditegur oleh pengawas semntara pengawasnya sibuk baca koran,” kata asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu Ridho Berlian, SH, Selasa (15/4) di SMK N 3 Kota Bengkulu.

Namun, kata dia dari catatan pelaksanaan hari pertama Ujian Na­sio­nal tingkat SMA sederajat pihaknya sudah mencatat masih ada pengawas yang memberikan kesempatan siswa untuk berbuat curang lantaran sibuk membaca Koran.

“Dari catatan Ombudsman beberapa sekolah banyak pengawas yang sibuk membaca Koran sehingga peluang kecurangan menjadi besar padahal sudah dihimbau untuk fokus mengawas,” katanya.

Selain itu, Ombusdman juga menemukan para peserta ujian yang dengan mudah mendapatkan izin keluar ruangan saat ujian digelar. “Seperti di SMA 2 siswanya keluar masuk kelas terus-terusan,” tambah dia.

Sementara, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu lainnya Irsan Hidayat, S.Ip menagatakan dari pantauan di SMK 9 meski tidak ada pelanggaran dan pelaksanaan UN berjalan kondusif namun Ombudsman mencatat ada salah seorang siswa batal mengikuti UN lantaran menikah.

Untuk diketahui pelajaran yang di-UN-kan hari ini untuk SMA jurusan IPA adalah Matematika dan Kimia, SMA jurusan IPS adalah Matematika dan Sosilogi sementara untuk SMK hanya mata pelajaran Matematika saja.(sey)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *