Elektabilitas Partai Golkar Tertinggi Di Bengkulu

Oleh Tgl: April 4, 2014
Polcomm

Alasan respon memilih partai Golkar karena merupakan partai lama yang sudah berpengalaman kemudian karena dianjurkan oleh keluarga, sudah turun temurun memilih Golkar, dank arena tokoh Golkar di tingkat nasional

Dr. Heri Budianto, S.Sos, M.Si

BENGKULU – Dari hasil survei Political Communication (Polcomm) Isstitute pimpinan Dr. Heri Budianto, S.Sos, M.Si yang dilakukan di Provinsi Bengkulu diketahui partai yang memiliki elektabilitas tertinggi yakni Partai Golongan Karya (Golkar).

“Partai Golkar merupakan partai yang tingkat keterpilihannya paling tinggi dengan perolehan 18,9 persen,” kata Dr. Heri Budianto pada saat Diskusi politik dan release hasil survey Potret elektabilitas partai politik caleg DPR RI dan DPD RI daerah pemilihan Bengkulu, di Hotel Santika, Jum’at (4/4) petang.

Dikatakan Heri selain partai berlambang pohon beringin itu partai urutan kedua dengan elektabilitas tinggi yakni PDIP 8,6 persen, lalu partai Nasdem 6,4 persen, diikuti PAN sebesar 6,4 persen dan Gerindra 6,1 persen.

“Alasan respon memilih partai Golkar karena merupakan partai lama yang sudah berpengalaman kemudian karena dianjurkan oleh keluarga, sudah turun temurun memilih Golkar, dank arena tokoh Golkar di tingkat nasional,” katanya lagi.

Disisi lain kata dia alasan respon memilih PDIP karena ada Joko Widodo (Jokowi) dan karena partai Megawati yang merupakan orang Bengkulu.

“Sedangkan alasan respon yang memilih partai Nasdem karena partai baru, karena figure tokoh yang berkiprah di Jakarta dan karena menjanjikan perubahan. Disisi lain alasan responden memilih PAN karena partai yang berbasis muhamadyah dan karena ada artis,” tambahnya.

Lebih lanjut Heri mengatakan elektabilitas partai ini dilakukan dengan survei yang menggunakan metode teknik multistage random sampling dengan melibatkan 1200 responden di 10 wilayah di 10 kabupaten/kota, sejak tanggal 23 Maret sampai 31 Maret 2014 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 3,1 persen.

Untuk diketahui ini hasil data dari survey Polcomm Isstitute Partai Golkar 18,9 persen, PDIP 8,6 persen, Partai Nasdem 8,4 persen, PAN sebesar 6,4 persen, Partai Gerindra 6,1 persen, PKB 4,1 persen, Partai Demokrat 4,0 persen, PKS 3,9 persen, Partai Hanura 3,0 persen, PPP 2,1 persen, PBB 0,6 persen dan PKPI 0,5 persen.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *