Disbunprov Bakal Bantu 148 Ribu Bibit Karet

Oleh Tgl: April 17, 2014
Karet

Penyaluran ini diharapkan dapat membantu perekonomian warga di Provinsi Bengkulu

Ir. Ricky Gunarwan

BENGKULU  – Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Bengkulu akan segera menyalurkan bantuan 148 ribu batang pohon karet sebagai program komoditi unggulan tahun 2014.

“Penyaluran ini diharapkan dapat membantu perekonomian warga di Provinsi Bengkulu,” kata Kepala Disbun provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan.

Bibit yang merupakan bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 dengan jumlah anggaran Rp. 1,5 miliar itu kata Ricky merupakan program khusus untuk pengembangan perkebunan rakyat yang akan disalurkan untuk 4 kabupaten di provinsi Bengkulu yang menjadi sasaran pengembangan perkebunan karet rakyat.

“Kabupaten Mukomuko, Seluma, Bengkulu utara,  dan Kaur,” tambahnya.

Selain program bantuan bibit, pihaknya juga akan melakukan program peremajaan terhadap 600 hektar lahan perkebunan karet yang tersebar di 5 kabupaten se Provinsi Bengkulu.

“Peremajaan akan dilakukan di 5 kabupaten, yakni Mukomuko, Bengkulu utara, Seluma, Bengkulu tengah,  dan Bengkulu selatan,” katanya.

Ricky berharap setelah menerima bantuan ini petani dapat memanfaatkan dan menanam bibit karet ini dengan baik sehingga beberapa tahun kedepan akan menghasilkan getah yang berkualitas untuk membantu ekonomi keluarga.

“Kalau untuk teknis penyalurannya kami sesuaikan dengan pengusulan masyarakat, melalui kelompok tani yang ada di daerah masing-masing yang sudah memiliki lahan perkebunan,” terangnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *