Dirjen SDA: Banjir Bengkulu Jangan Sampai Seperti Jakarta

Oleh Tgl: April 25, 2014
Dirjen SDA Mohamad Hasan

BENGKULU – Pengendalian sistem aliran air yang bisa mengakibatkan bencana banjir di Bengkulu harus diatasi sejak dini.

Menurut Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum Mohamad Hasan jangan sampai perkembangan perkotaan terlambat untuk ditata kembalu dan mengakibatkan bencana berkepanjangan seperti Jakarta terjadi di Bengkulu.

Beberapa titik rawan banjir di Bengkulu terutama di Kecamatan Sungai Serut harus dibangun sistem drainase dan folder pengendali air.

“Ada beberapa lokasi yang harus dibangun folder dan disiapkan pompa pengalihan agar air bisa diarahkan dari drainase ke alur Sungai Bangkahulu,” ujar Hasan di Bengkulu (25/4/2014).

Guna menata infrastruktur sistem pengendali banjir ini lanjut Hasan, harus dibuat sebuah kajian khusus dan sistem perencanaan perkotaan yang berkonsep penataan lingkungan. Jika tidak akan berdampak pada problem bencana berkepanjangan.

Kementrian Pekerjaan Umum juga tengah menyiapkan sebuah sistem ketahanan pangan dengan memberdayakan para petani di pedesaan yang sering kesulian mendapat akses pengairan persawahan.

Cara yang ditempuh dengan pendekatan secara kelembagaan melalui kelompok tani binaan. Kelompok itu kata Hasan harus diperkuat dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang mampu menganalisa situasi.

Tujuannya agar sistem yang dibangun bisa meningkatkan produksi petani. ‘Salah satunya dengan program bantuan sosial. Beberapa daerah sudah mampu meningkatkan produksi dari 5 menjadi 7 ton gabah kering tiap hektar sawah. Ini harus menjadi acuan pengembangan program kita,” demikian Mohamad Hasan. (dyo)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *