Cegah Banjir, Pemkot Alokasikan Rp 2,9 M Untuk Drainase

Oleh Tgl: April 22, 2014
PU

Anggaran tahun ini untuk perbaikan drainase di 23 titik sudah ada dalam APBD 2014 sebanyak Rp. 2,9 miliar

Ir. Darmawansyah, MT

BENGKULU – Banjir yang kerapkali menghantui warga Kota Bengkulu membuat pemkot mengganggarkan dana khusus pencegahan banjir. Dimana kurang lebih Rp. 2,9 miliar sudah disiapkan untuk perbaikan drainase yang ada di 23 titik.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PU Kota Bengkulu, Ir. Darmawansyah, MT menurutnya beberapa drainase kurang berfungsi dengan maksimal didukung masalah sampah yang dibuang sembarangan oleh warga kota membuat aliran drainase tersumbat hingga menyebabkan bannjir.

“Anggaran tahun ini untuk perbaikan drainase di 23 titik sudah ada dalam APBD 2014 sebanyak Rp. 2,9 miliar,” katanya.

Namun karena masih dalam proses, Darmawansyah berharap masyarakat dapat bersabar sembari mengubah prilaku untuk menjaga lingkungan dari sampah agar aliran air di drainase kembali lancar.

“Sebenarnya proses pengerjaan drainase disejumlah titik se kota Bengkulu sudah akan berlangsung. Untuk itu, pemerintah kota mengharapkan masyarakat untuk bersabar dan jangan membuang sampah sembarang, sehinngga tidak akan terjadi penyumbatan ketika hujan tiba,” jelas dia.

Menurutnya kesadaran terhadap kebersihan lingkungan itu sangat penting. Apalagi berdasarkan langganan banjir seperti di Kelurahan Rawa Makmur mulai dari Gang Hidayatul Iklas, Kelurahan Penurunan, Kelurahan Kebun Beler sampai di Kelurahan Tanah Patah sampai sepanjang jalan Irian, Kelurahan Tanjung Jaya dan Tanjung Agung harus mewaspadai terjadinya banjir.

“Selain pencegahan masyarakat langganan banjir juga diimbau untuk tetap mewaspadai terjadinya banjir saat musim penghujan. Hal itu perlu dilakukan agar apabila sewaktu-waktu terjadi banjir segera ada upaya penanganan,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *