Biarkan Siswa Nyontek, Pengawas UN Bakal Dipidana

Oleh Tgl: April 15, 2014
Kapolda Bengkulu

Saya mengingatkan kepada pengawas UN Untuk tidak memberikan kesempatan siswa berbuat curang sebab kalau sempai ada pengawas yang pada saat pengawasannya membiarkan siswa saling mencontek atau tindakan curang lainnya akan saya pidana

Brigjen Pol Tatang Sumatri MH

BENGKULU – Untuk mendapatkan generasi unggul, Kapolda Bengkulu komitmen terhadap pengamanan pelaksanaan UN karenanya Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Tatang Sumatri MH akan mempidana pengawas yang membiarkan siswa berbuat curang pada saat mengisi Lembar Jawaban pertanyaan UN.

“Saya mengingatkan kepada pengawas UN Untuk tidak memberikan kesempatan siswa berbuat curang sebab kalau sempai ada pengawas yang pada saat pengawasannya membiarkan siswa saling mencontek atau tindakan curang lainnya akan saya pidana,” katanya.

Menurut Tatang jika pengawas mengetahui adanya siswa yang ribut dan saling mencotek, sudah sepatutnya pengawas menggunakan kewajibannya untuk menegur.

“Pengawas silahkan tegur sebab kita sudah diberikan tugas masing-masing pihak kepolisian untuk mengamankan, pengawas untuk mengawasm dan pihak sekolah atau dispendik untuk menyelenggara,” katanya.

Menurutnya dia, pelaksanaan UN yang  juga diawasi oleh pengawas independen dari universitas di Bengkulu ini sudah sepatutnya bisa berjalan lancar dan aman terlebih semua pihak sudah disosialisasikan untuk pelaksanaan ini.

“Kalau sampai pengawas biarkan siswa berbuat curang, pihak kepolisian akan sangat kecewa dengan oknum-oknum itu sebab tidak menghargai usaha polisi dalam melakukan pengamanan yang sudah dimulai  dari pembuatan soal hingga pendistribusian,” tutupnya.

Pada pelaksanaan UN 2014 ini, sebanyak 15283 pelajar mengikuti UN dari 167 SMA/MA se Provinsi Bengkulu sementara untuk pelajar SMK sebanyak 7030 pelajar dari 75 SMK se Provinsi Bengkulu.(sey)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *