Besok, Linmas Dijanjikan Terima Honor

Oleh Tgl: April 7, 2014
Salahuddin Yahya

Anggota Satlinmas yang bertugas di TPS akan memperoleh biaya konsumsi sebesar Rp250 ribu. Dana itu bukan dana APBD melainkan dana tersendiri dari APBN, tapi bisa dipastikan honor segera dibayarkan

Salahuddin Yahya

BENGKULU – Terkait tuntutan pembayaran honor secara proporsional oleh Satlinamas ke Pemkot Bengkulu, Pemkot Bengkulu akhirnya membantu KPU memberikan keputusan untuk penyelesaian honor tersebut besok, Selasa (8/4).

Hal ini diungkapkan oleh Kabag Humas Pemkot Bengkulu Salahuddin Yahya menurutnya meski anggaran honor Linmas bukanlah tanggung jawab dan wewenang Pemkot karena bukan dari anggaran APBD namun Pemkot memediasi dengan KPU Kota Bengkulu sebagai stakeholder terkait.

“Anggota Satlinmas yang bertugas di TPS akan memperoleh biaya konsumsi sebesar Rp250 ribu. Dana itu bukan dana APBD melainkan dana tersendiri dari APBN, tapi bisa dipastikan honor segera dibayarkan,” katanya, Senin (7/4).

Menurut dia, Linmas harus berpikir jernih untuk masalah honor ini terlebih dananya sudah diakomodir oleh pusat.

Disisi lain Sekretaris KPU Kota  Bengkulu Ichwan Nova mengatakan honor Linmas dalam pileg ini diatur APBN satu orang Rp 250 ribu dan ada uang makan Rp 35 ribu  (belum dipotong pajak sebanyak 5 persen). Setiap anggota Satlinmas yang bertugas akan diberikan honorarium langsung oleh pihak kelurahan yang disalurkan dari  kecamatan melalui anggaran KPU dan tidak langsung ke linmasnya.

“Masalah pencarian secepat mungkin, tapi dipastikan sebelum pemilu uang honor sudah diberikan,” tambahnya.

Terkait isu pemotongan honor  kata dia, KPU membantah jika ada kesengajaan untuk memotong honorer tersebut. Menurutnya pemotongan honore memang itu sudah ketentuan secara nasional dimana untuk uang makan Rp 35 ribu dan harus dilakukan pemotongan sebanyak 5 persen.

“Aturan itu baru kita terima revisi tanggal 3 kemarin soal pemotongan honore, ditegaskan pula bahwa kota tidak mengatur besaran dana honore, honore itu diatur Pemerintah Pusat,” tutupnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *