Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga Kota Bengkulu

Oleh Tgl: April 28, 2014

Saya mendengar bunyi keras di belakang, langsung mengungsikan istri dan dua anak ke rumah tetangga. Hanya beberapa saat ada bunyi keras dan tembok belakang sudah runtuh disertai longsoran tanah menimbun rumah

Agustari

BENGKULU – Hujan lebat yang mengguyur Kota Bengkulu hingga Senin dinihari mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir.

Kawasan terparah melanda wilayah kelurahan Tanah Patah. Air menggenangi 56 rumah di RT XVI, 42 rumah di RT VII dan 40 rumah di RT XVII.

Kawasan lain yang juga tergenang air adalah Jalan Cimanuk Kelurahan Jalan Gedang, Jalan Sadang Kelurahan Lingkar Barat dan Jalan Muhajirin Kelurahan Padang Nangka.

Hujan lebat juga mengakibatkan rumah milik Agustari di RT XVI Tanah Patah tertimbun longsor. Bagian belakang rumah jebol tertimpa reruntuhan tembok bangunan yang hancur diterjang longsor.

Kepada bengkuluonline, Agustari mengatakan, saat hujan lebat tadi malam dia mendengar suara berderak dari belakang rumah.

“Saya mendengar bunyi keras di belakang, langsung mengungsikan istri dan dua anak ke rumah tetangga. Hanya beberapa saat ada bunyi keras dan tembok belakang sudah runtuh disertai longsoran tanah menimbun rumah,” ujar Agustari di Bengkulu (28/4).

Ketua RT XVII Tanah Patah Herman Sidik (64) menyatakan, ratusan rumah yang tergenang air di kawasan itu diakibatkan karena kecilnya saluran air dan gorong-gorong sehingga tidak mampu menahan tekanan debit air yang mengakibatkan jebol.

“Kami sudah berulang kali mengusulkan kepada walikota agar bisa memperbesar saluran air. Dan janjinya akan dikerjakan segera. Tapi sampai sekarang sudah 3 tahun belum ada realisasi,” tegas Herman Sidik.

Gubernur Bengkuu Junaidi Hamsyah yang menyambangi lokasi banjir dan longsor Senin pagi mengintruksikan Dinas Sosial dan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengambil langkah taktis.

“Segera ditanggulangi. Jika hujan turun kembali akan menamabah besar resiko bencana ini,” ujar Junaidi Hamsyah. (dyo)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *