Amankan Pleno KPU Kota, 129 Personel Polisi Dikerahkan

Oleh Tgl: April 19, 2014
Iksantyo BP

Untuk pengamanan ini terbagi dua yakni 115 personil yang mengamankan diluar ruangan pleno dan 14 personel mengamankan di ruangan ini

Iksantyo Bagus Pramono, SH MH

BENGKULU – Polres Bengkulu siagakan 129 personel kepolisian untuk pengamanan rapat pleno Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota, di Grand Boudenvile, Sabtu (19/4).

“Untuk pengamanan ini terbagi dua yakni 115 personil yang mengamankan diluar ruangan pleno dan 14 personel mengamankan di ruangan ini,” kata Kapolresta Bengkulu, Iksantyo Bagus Pramono, SH MH.

Menurut dia pengamanan ini dilakukan sesuai perintah dari pusat dimana berdasarkan surat perintah pihak kepolisian harus mengerahkan 1/3 kekuatannya untuk mengamankan rapat pleno KPU Kota Bengkulu ini.

Lebih lanjut, Iksyantyo mengatakan pihak kepolisian akan melakukan pengamanan selama 2 hari atau sampai pelaksanaan rapat pleno Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara berakhir.

“Sesuai rencananya pengamanan dua hari atau sampai pleno ini selesai,” tambahnya.

Terkait banyaknya keluhan dari utusan parpol dan calon DPD RI akan pengamanan kepolisian yang bersenjata lengkap dan meminta diperiksa barang bawaan. Iksantyo mengatakan pengamanan itu sudah sesuai prosedur.

“Utusan parpol tidak akan merasa tidak aman kan kita amankan, tugas kepolisian ini mengamankan. Kita netral dan sebagai wasitnya. Kalau dia merasa tidak aman berarti dia mau berbuat yang macam-macam, itukan yang harus kita curigai. Kalau dia mau berbuat baik-baik tidak akan protes,” tuturny.

“Semuanya kita amankan, pemeriksaaan itu merupakan antisipasi, mungkin dia bawa sajam. Karena untuk mengamankan jelas polisi membawa senjata lengkap dan perlengkapan perorangan polisi dan setiap pengamanan harus membawa senjata,” lanjutnya.

Dikatakan dia, pihaknya tidak segan-segan melakukan pengamanan jika ada orang yang bertindak diluar batas seperti melakukan pengacauan pada saat berlangsungnya pleno.

“Kalau mencoba untuk mengacaukan, dan ada perintah KPU akan kita langsung amankan,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *