Tokoh Masyrakat Punya Peran Tekan Golput

Oleh Tgl: March 3, 2014
rully1

Makanya peran tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat diperlukan untuk memberikan penyadaran politik kepada masyarakat tidak golput dan tidak melakukan politik uang

Ir. Rully Chairul Azwar, M.Si

BENGKULU – Anggota MPR RI yang juga anggota DPR RI, Ir. Rully Chairul Azwar, M.Si menuturkan peran tokoh masyarakat sengat penting untuk menekan golput atau angka golongan putih yang dikhawatirkan terjadi pada pesta demokrasi 9 April tahun ini.

“Makanya peran tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat diperlukan untuk memberikan penyadaran politik kepada masyarakat tidak golput dan tidak melakukan politik uang,” katanya, Minggu (2/3).

Hal ini kata dia mengingat akhir-akhir dan pengalaman berbagai pilkada dimana tren golput dan politik uang terus meningkat. Padahal indikasi keberhasilan dari suatu proses demokrasi itu bisa terukur jika tingkat partisipasi masyarakat naik dalam menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara.

“Saya berharap pemilu 2014 ini menjadi titik balik untuk menjadikan pemilu yang berkualitas dan yang terpilih juga orang-orang yang berkualitas,” katanya.

Sebab menurutnya jika semua pihak tidak ikut ambil peran suksesnya demokrasi sulit dijalankan. Sehingga dia berharap selain tokoh masyarakat mulai KPUD, ormas/OKP, perangkat pemerintah mulai dari gubernur hingga tingkat RT, kelompok civil sociaty, media massa, tokoh adat, tokoh agama dan para pemangku kepentingan yang lainnya ikut menyukseskan pemilu legislative ini.

Dia juga berharap masyarakat untuk tidak menerima politik uang dan ikut ber-money politik sebab dinilai lebih banyak buruknya daripada manfaatnya.

“Bila Golput tidak dicegah dan mereka tidak diberikan pendidikan politik dengan baik maka akan sangat membahayakan bagi keberlangsungan berbangsa dan bernegara, karena itu peran semua pihak harus ada,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *