Tiga Perusahaan Batubara Belum Salurkan Dana CSR

Oleh Tgl: March 4, 2014
Bebby Husin

Langkah awal saya setelah dipilih mewajibkan dana tanggung jawab social dari perusahaan dikeluarkan. Karena masih banyak yang belum menyalurkan. 3 sampai 4 perusahaanlah yang belum menyetorkan dana CSR itu kepada asosiasi

Bebby Husin

BENGKULU – Tiga dari delapan perusahaan tambang batubara di Provinsi Bengkulu ternyata belum menyalurkan dana tanggung jawab social kepada masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR). Padahal Wakil Gubernur Sultan B Najamuddin meminta dengan sangat tanggung jawab kepada masyarakat tersebut harus dipenuhi.

Hal ini terkuak ketika Ketua Pengurus Organisasi Pertambangan Batubara Bengkulu (APBB) Bebby Husin mengatakan bahwa saat ini perusahaan tambang di Bengkulu tinggal 8 perusahaan dan 3 diantaranya belum menyalurkan kewajibannya.

“Langkah awal saya setelah dipilih mewajibkan dana tanggung jawab social dari perusahaan dikeluarkan. Karena masih banyak yang belum menyalurkan. 3 sampai 4 perusahaanlah yang belum menyetorkan dana CSR itu kepada asosiasi,” katanya, Selasa (4/3) di Hotel Kemuning Mercusuar Resto, Kota Bengkulu.

Dikatakan dia pihaknya segera akan melayangkan peringatan kepada perusahaan yang tidak ingin namanya diungkapkan ini untuk segera membayar dana yang angkanya sampai milyaran Rupiah ini.

“Yang jelas kami akan meyadarkan dulu para pengusaha, bahwa mereka harus memberikan tanggung jawab sosial yang mereka gunakan itu ke masyarakat,” jelasnya.

Ditanya terkait penghitungan pembayaran dana CSR ini, Bebby mengungkapkan dihitung per pro­duksi perusahaan tersebut. Dimana banyaknya jumlah produksi dikali Rp 1500,-.

“Penghitungannya per produksi, jadi tidak ada alasan tidak potensial sehing­ga tidak mampu me­nyediakan dana CSR,” jelasnya.

Dana CSR ini kemudian kata dia, disalurkan melalui asosiasi dalam program-program kemasyrakatan seperti sunatan masal, berobat gratis atau perbaikan infrastruktur.

Sementara, Wakil Gubernur Sultan B Najamuddin mengaku akan berkoordinasi untuk mengatasi persoalan ini terlebih selain membantu masyarakat dana CSR juga dapat membantu pemerintah dalam membangun sarana dan prasarana Provinsi Bengkulu yang tak hanya harus bersumber dari APBD.

“Karena itu sangat kita tekankan perusahaan untuk mengeluarkan dana CSR mereka,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *