Tes HIV/AIDS Sekota Bengkulu Di APBDP

Oleh Tgl: March 26, 2014
Edriwan Kadis DKK

Jadi memang walikota menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu untuk melakukan tes identifikasi HIV/AIDS untuk warga Kota Bengkulu, system yang digunakan dengan metode sampling sehingga tidak hanya kalangan pelajar SMP yang akan diakomodir

drg H Edriwan Mansyur MM

BENGKULU – Jika tidak ada aral melintang rencana Pemkot Bengkulu untuk melakukan tes HIV/AIDS untuk warga se Kota Bengkulu akan dianggarkan pendanaannya pada APBD P 2014.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Bengkulu, drg H Edriwan Mansyur MM menurutnya tes Hiv/AIDS akan dilakukan untuk warga sekota Bengkulu dengan mentode sampling.

“Jadi memang walikota menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu untuk melakukan tes identifikasi HIV/AIDS  untuk warga Kota Bengkulu, system yang digunakan dengan metode sampling sehingga tidak hanya kalangan pelajar SMP yang akan diakomodir,” jelasnya, Rabu (26/3).

Menurut dia metode yang dipakai berdasarkan persentase dengan acuan 10 persen yang mewakili komunitas.

”Misalnya komunitas pelajar, kita tes 10 persennya dan diambil secara acak, pegawai negeri sipil, pegawai swasta, dan sebagainya,” tutur Edriwan.

Dikatakan dia meski ada instruksi langsung dari Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan yang dalam hal ini menjabat Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bengkulu. Pihaknya belum bisa merealisasikan segera. Sebab selain tidak masuk kedalam anggaran APBD 2014 rencana tersebut membutuhkan biaya mahal dimana dalam sekali tes atau perkepala menghabiskan dana Rp 140 ribu.

“Kalau sekarang dananya tidak ada, tidak dianggarkan. Insyaallah dana itu akan dianggarkan pada APBD perubahan,” terangnya.

Edriwan menyampaikan jika kedepan rencana anggaran ini tidak disepakati DPRD Kota pihaknya sudah menyiapkan langkah lain dengan mencari kerjasama antar perusahaan.

“Kita usahakan mitra mampu membantu atau perusahaan- perusahaan yang ada di Kota Bengkulu dari dana CSR mereka,” tutupnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *