Tahun Ini Pemkot Tidak Terima CPNS

Oleh Tgl: March 11, 2014
PNS Kota Bengkulu

Dan jika dinilai untuk saat ini, komposisi pegawai negeri sipil di lingkungan pemkot Bengkulu masih memadai untuk menjalankan roda pemerintahan yang baik

Salahudin Yahya, M.Si

BENGKULU – Pemkot Bengkulu kembali tidak membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabah) humas pemkot Bengkulu Salahudin Yahya, M.Si.

“Dan jika dinilai untuk saat ini, komposisi pegawai negeri sipil di lingkungan pemkot Bengkulu masih memadai untuk menjalankan roda pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, belum lama ini walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama Sekretaris kota Drs. Yadi telah membicaraan persoalan ini. Namun demikian, katanya, pemkot Bengkulu memang belum bisa memutuskan secara final untuk tida membuka penerimaan CPNS tahun ini.

“Keputusan tersebut dikeluarkan setelah pemkot rampung melaksanakan analisis jabatan (anjab) yang saat ini masih dalam proses pengerjaan,” katanya.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan, menurutnya, menyatakan bahwa pemkot memang memutuskan belum menerima CPNS tahun lalu. “Namun bilamana kajian saat ini memang dinyatakan bahwa kota sudah terbuka peluang untuk menerima berdasarkan analisis yang dilakukan, maka pihaknya akan membuka rekrutmen tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, kondisi pemkot saat ini jika dilihat dari peraturan yang berlaku bahwa belanja pegawai pemerintahan administratif untuk membuka penerimaan CPNS haruslah dibawah 60 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maka pemkot Bengkulu belum bisa melakukan penerimaan.

“Jika memang besok kita mendaftar, berarti kita sudah punya keberanian untuk menambah CPNS sesuai dengan kebutuhan yang kita miliki,” tambahnya.

Selain itu, katanya, pertimbangan lainnya, pemkot Bengkulu sudah 3 tahun tidak melakukan penerimaan CPNS.

“Sehingga jika kemudian ditemukan kebutuhan penambahan pegawai, bukan tidak mungkin pemkot akan melakukan penerimaan,” ujarnya.

Sementara itu, kepala BKD pemkot Bengkulu, Drs. H. Muhammad Husni, M.Si, menyatakan, sejauh ini pihaknya memang telah menemukan adanya kebutuhan pegawai terutama guru bimbingan konseling, pendidikan jasmani, serta sejumlah tenaga kesehatan khususnya dokter.

“Kita tinggal menunggu hasil kajian rasio belanja pegawai, kalau pak wali menilai memungkinkan, kita bisa terima,” tukasnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *