RSJKO Turun Menjadi Tipe C

Oleh Tgl: March 24, 2014
pelayanan rumah sakit

Hal itu disebabkan karena RSJKO Soeprapto Bengkulu hanya memiliki 1 orang dokter spesialis

dr. Bina Ampera Bukit

BENGKULU – Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Soeprapto, provins Bengkulu mengalami penurunan tipe menjadi tipe C, dari sebelumnya sebagai rumah sakit tipe B. Hal itu diungkapkan oleh direktur RSJKO Soeprapto dr. Bina Ampera Bukit, Senin (24/3).

Ia mengatakan, saat ini, RJKO Soeprapto mengalami penurunan tipe menjadi tipe C.”Hal itu disebabkan karena RSJKO Soeprapto Bengkulu hanya memiliki 1 orang dokter spesialis,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa untuk tetap dapat menjadi rumah sakit tipe B, maka setidaknya RSJKO Soeprapto harus memiliki minimal 5 orang dokter spesialis.

“Hal inilah yang memang belum bisa kita penuhi, sehingga kita harus rela turun tipe,” ujarnya.

Atas hal itulah, Senin (24/3), bertempat di GSG setda provinsi Bengkulu direktur RSJKO Soeprapto Bengkulu juga mengalami penurunan eselon dari sebelumnya eselon II menjadi eselon III.

“Berdasarkan UU rumah sakit, dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 41 tentang rumah sakit khusus, maka rumah sakit tipe C harus dipimpin oleh pejabat eselon III bukan eselon II,” jelasnya.

Namun demikian, dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena menurutnya, rumah sakit khusus tipe B sama dengan rumah sakit umum tipe C.

Disisi lain, ia juga mengakui bahwa untuk mendapatkan dokter spesialis memang sulit.”Memang pada dasarnya, dokter spesialis saat ini cukup langka, ketimbang mencari dokter umum,” tutupnya.(fr2)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *