Rencana Demo Walikota, Ini Tiga Tuntutan Pedagang

Oleh Tgl: March 10, 2014
Kantor ww

Yakni pertama, meminta walikota untuk merevisi perda nomor 07 tahun 2012 yang dirubah oleh walikota sebelumnya dengan menaikan tarif sewa kios dan auning dipasar

Marwandi

BENGKULU – Terkait rencana demo pagi ini, Ketua asosiasi pedagang pasar seluruh Indonesia (APPSI) Bengkulu Marwandi mengungkapkan ada beberapa tuntutan yang akan diserukan ribuan pedagang dari seluruh pasar di dalam kota Bengkulu ini.

Menurutnya, dalam aksi tersebut, secara keseluruhan para pedagang akan mengajukan 3 tuntutan utama. “Yakni pertama, meminta walikota untuk merevisi perda nomor 07 tahun 2012 yang dirubah oleh walikota sebelumnya dengan menaikan tarif sewa kios dan auning dipasar,” ujarnya.

Kedua, katanya, mendesak walikota untuk melakukan pendundaan penerapan perda yang dirubah oleh walikota tersebut. “Kemudian yang ketiga, para pedagang mendesak walikota untuk menghapuskan pungli yang ada di pasar,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan aksi tersebut, walikota, akan didesak untuk kembali mengusulkan kepada lembaga legislatif untuk merevisi peraturan tersebut.

“Karena sebelumnnya perda tersebt dirubah dengan inisiatif dari walikota Bengkulu selaku pihak eksekutif,” jelasnya.

Kemudian, sebelum ada kejelasan atas peraturan tersebut, para pedagang, katanya, jua meminta perda tersebut jangan dulu diterapkan sampai persoalan tersebut tuntas.

Terkait pungli yang juga menjadi salah satu tuntutan, katanya, selama ini para pedagang selalu saja dikenakan pungli sebesar Rp. 60 ribu per pedagangnya setiap bulannya.

“Coba dihitung saja, kalau kemudian Rp. 60 ribu dilakukan ribuan pedagang yang ada pasar, tentu jumlahnya sangat banyak,” katanya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *