Pindah TPS Harus Sesuai Ketentuan

Oleh Tgl: March 14, 2014
Logo-KPU

Untuk mengantisipasi pemilih eksodus, KPU Kota Bengkulu mengingatkan kepada pemilih yang ingin pindah memilih tidak di Tempat Pemungutan Suara TPS terdaftar pada hari H pencoblosan, harus sesuai dengan ketentuan berlaku

Darliansyah

BENGKULU – Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah mengingat meski pihak KPU tidak melarang setiap pemilih yang ingin pindah memilih hanya saya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku  dan tidak asal pindah memilih.

“Untuk mengantisipasi pemilih eksodus, KPU Kota Bengkulu mengingatkan kepada pemilih yang ingin pindah memilih tidak di Tempat Pemungutan Suara TPS terdaftar pada hari H pencoblosan, harus sesuai dengan ketentuan berlaku,” katanya, Jum’at (14/3).

Apalagi karena sedang menjalankan tugas ataupun menjadi saksi partai yang jauh dari TPS tempat terdaftar sebelum-nya. Hanya saja dikatakan Darlinsyah, kepindahan memilih tersebut harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang.

Mengingat apabila tidak demikian dikawatirkan pemilih yang juga diduga sampai melibatkan caleg tertentu, jika terbukti masuk sebagai salah satu pemilih eksodus bisa masuk dalam pidana pemilu.

“Karena itu kami ingatkan bagi warga yang ingin pindah memilih terlebih dahulu harus melapor ke TPS tempat terdaftar, untuk meminta mencoret namanya di DPT dengan mengambil formulir A 5 dan akan dimasukan sebagai DPT Tambahan di TPS tempat bekerja,” katanya.

Kendati demikian Darlinsyah juga menginginkan jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan PPK dan Panitia Pemungutan Suara PPS agar jeli melihat temuan tersebut sebab meski KPU tetap mengakomodasi pemilih yang tidak akan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) asal bukan berarti  memberi kebebasan untuk berbuat semena-mena.

“Hal ini bentuk mengatasi dugaan pemalsuan dokumen pada hari H Pemilu bisa diminimalisir. Sebab apabila temuan tersebut terbukti, maka tidak tertutup kemungkinan pihak penyelenggara bisa juga dituntut dengan dugaan pelanggaran pidana Pemilu,” paparnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *