Perbaikan Jalan Provinsi Butuh Dana Rp 1 Triliun

Oleh Tgl: March 20, 2014
jalan-rusak.

Seperti misalnya, jalan-jalan provinsi yang menghubungkan antar daerah, dan beberepa jembatan yang memang dirasa penting untuk segera diperbaiki

Ir. Azwar boerhan, M.Eng

BENGKULU – Kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi Bengkulu Ir. Azwar boerhan, M.Eng, Kamis (20/3) mengatakan bahwa perbaikan seluruh jalan provinsi yang rusak membutuhkan setidaknya anggaran sebesar Rp. 1 triliun.

“Keseluruhan panjang jalan milik provinsi adalah sekitar 1.500 km, sementara, anggaran yang ada hanya Rp. 180 miliar. Jika dihitung, dengan perkiraan sepanjang 1 km akan memakan dana sebesar Rp. 2 miliar, maka dengan anggaran sebanyak Rp. 180 miliar, hanya dapat memperbaiki jalan sepanjang 90 km,” jelasnya.

Menurutnya, untuk dapat memperbaiki jalan provinsi sepnajang 1.500 km, maka setidaknya akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 1 triliun. Untuk itu, katanya, dengan anggaran yang ada, pihaknya hanya akan memprioritaskan jalan-jalan tertentu untuk diperbaiki.

“Seperti misalnya, jalan-jalan provinsi yang menghubungkan antar daerah, dan beberepa jembatan yang memang dirasa penting untuk segera diperbaiki,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat memang telah memastikan provinsi Bengkulu akan mendapat bantuan dana hibah untuk perbaikan jalan nasional di Bengkulu sebesar Rp. 317 miliar.

“Namun, sekarang, justru kemudian jalan provinsi yang terancam tidak mendapatkan kucuran dana,” katanya.

Atas dasar itulah, menurutnya, perbaikan jalan provinsi sangat terkendala dengan dana.”Anggarannya sangat terbatas, sementara jalan yang rusak sangat banyak,” tutupnya.(fr2)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *