Pemprov Bengkulu Akan Perluas Pulau Tikus

Oleh Tgl: March 21, 2014
Drs. Eko Agusrianto

Rencana perluasan daratan pulau merupakan upaya penyelamatan pulau tersebut, karena dalam beberapa tahun terakhir, terus saja terjadi penyusutan daratan pulau Tikus, dari sebelumnya seluas dua hektare, sekarang hanya tinggal 0,8 hektare

Drs. Eko agusrianto

BENGKULU – Pemprov Bengkulu berencana akan melakukan perluasan daratan pulau Tikus, salah satu pulau di Bengkulu yang berjarak lima mil laut dari Kota Bengkulu. Hal itu diungkapkan oleh Kadishubkominfo provinsi Bengkulu Drs. Eko agusrianto, Jum’at (21/3).

“Rencana perluasan daratan pulau  merupakan upaya penyelamatan pulau tersebut, karena dalam beberapa tahun terakhir, terus saja terjadi penyusutan daratan pulau Tikus, dari sebelumnya seluas dua hektare, sekarang hanya tinggal 0,8 hektare,” katanya.

Menurutnya, perluasan darat pulau Tikus, juga untuk kepentingan pelayaran dimana Pulau Tikus yang ditopang karang seluas 200 hektare perlu diamankan,” jelasnya.

Disisi lain, katanya, keberadaan menara suar di pulau itu juga harus dipertahankan.

“Sebab jika tidak ada suar disana, maka pelayaran dapat disekitar pulau itu akan sangat berbahaya, karena banyak terdapat karang seluas 200 hektare di Pulau Tikus,” ujarnya.

Perairan Pulau Tikus, menurutnya, menjadi lokasi pencarian ikan yang strategis bagi nelayan dan pulau tersebut juga menjadi tempat perlindungan bagi nelayan jika terjadi hujan badai di laut.

Ia juga mengungkapkan, bahwa dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pulau Tikus juga ditetapkan sebagai salah satu kawasan wisata strategis.

“Beberapa biro perjalanan wisata juga sudah menjual paket wisata bahari ke Pulau Tikus,” jelasnya.

Pulau Tikus, lanjutnya, berpotensi untuk menjadi ikon wisata bahari di Kota Bengkulu.

Untuk itulah, katanya, pemprov Bengkulu berencana melakukan perluasan daratan pulau Tikus. “Penganggarannya, akan diupayakan dari APBD perubahan 2014,” jelasnya.

Ia menjelasnya, perluasan pulau Tikus  tersebut dilakukan dengan membangun dam.”Dam tersebut menggunakan batu gajah yang ditumpuk lalu ditambah pasir, sehingga menjadi daratan yang akan mampu menjaga pulau Tikus dari dampak abrasi,” demikian Eko.(Fr2)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *