Pedesaan Bengkulu Alami Deflasi 0,09 Persen

Oleh Tgl: March 16, 2014
sayuran

Untuk wilayah Bengkulu mengalami deflasi sebesar 0,09 persenUntuk wilayah Bengkulu mengalami deflasi sebesar 0,09 persen

Dodi Herlando, M.eng

BENGKULU – Kepala BPS provinsi Bengkulu Dodi Herlando, M.eng mengungkapkan dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu tercatat daerah pedesaan di Provinsi Bengkulu hingga Maret 2014 mengalami deflasi sebesar 0,09 persen.

“Untuk wilayah Bengkulu mengalami deflasi sebesar 0,09 persen,” ujarnya, Minggu (16/3).

Akibat deflasi kata dia sehingga saat ini dimana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.

Ia menjelaskan, bahwa deflasi adalah kebalikan dari inflasi. “Bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar,” jelasnya.

Dikatakan dia Deflasi dipicu oleh penurunan indeks konsumsi rumah tangga dalam Provinsi Bengkulu dan juga disebabkan menurunnya indeks harga pada beberapa kelompok pengeluaran di daerah pedesaan.

“Perubahan indeks pada masing-masing kelompok, kesehatan sebesar 0,40 persen, pendidikan rekreasi & olah raga 0,19 persen dan transportasi & komunikasi sebesar 0,17 persen lalu bahan makanan sebesar -0,52 persen, makanan jadi 0,36 persen, perumahan -0,04 persen dan sandang sebesar 0,32 persen,” katanya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *