PDRB Bengkulu Diproyeksikan Tumbuh

Oleh Tgl: March 1, 2014
PDRB

Namun memang, untuk meningkatkan PDRB, tidak cukup hanya dengan pelayanan perizinan satu pintu saja, namun juga harus didukung dengan pembenahan sektor lainnya

Yuwono

BENGKULU – Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Provinsi Bengkulu diharapkan bertumbuh lebih baik pada tahun 2014. mengingat PDRB Bengkulu adalah yang terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Pulau Sumatera, bahkan dengan provinsi baru seperti Bangka Belitung.

Hal itu seperti dikatakan oleh kepala Bank BI perwakilan provinsi Bengkulu Yuwono, kemarin (28/2) Ia mengatakan, hal itu bisa jadi karena didasari karena pemerintahan di Bengkulu baik provinsi maupun kabupaten dan kota telah memberlakukan pelayanan perizinan usaha melalui satu pintu, sehingga kebijakan ini mendapatkan respon positif dari pemodal.

“Namun memang, untuk meningkatkan PDRB, tidak cukup hanya dengan pelayanan perizinan satu pintu saja, namun juga harus didukung dengan pembenahan sektor lainnya,” ujarnya.

Selain itu, katanya, kepastian hukum tapal batas baik provinsi, kabupaten maupun kota juga menjadi perhatian penting penanam modal. “Karena selama ini, investor tidak berani menanamkan modal mereka jika daerah tersebut masih bermasalah, jika pemda mampu membenahi ini, kami yakin ini akan berdampak baik, investor akan datang sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, jika Bengkulu mulai diminati penanam modal untuk mengembangkan usaha pada sektor primer daearah itu yakni pertanian dan pertambangan, maka dapat menyerap pekerja yang lebih banyak.

“Sektor tersier seperti perdagangan, angkutan, keuangan dan jasa juga ikut terdongkrak naik. Angka indeks pembangunan manusia juga ikut naik, sehingga diyakini PDRB Bengkulu bisa meningkat sesuai harapan,” jelasnya.

Dikatakannya, PDRB Bengkulu adalah yang terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Pulau Sumatera, bahkan dengan provinsi baru seperti Bangka Belitung. “PDRB atas dasar harga berlaku Provinsi Bengkulu berkisar pada angka Rp. 24 triliun sedangkan Bangka Belitung sudah di angka Rp. 34 triliun,” katanya.

Untuk itu, ia berharap, tahun ini PDRB Bengkulu dapat meningkat. “Dengan kebijakan yang diterapkan pemerintah saat ini kita harap setidaknya mendekati PDRB Bangka Belitung,” pungkasnya. (sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *