MUI Bakal Keluarkan Fatwa “Money Politic” Haram

Oleh Tgl: March 3, 2014
Money Politic

Ada pokja khusus masalah sosial kemasyarakat, dan tidak serta merta langsung mengeluarkan fatwa namun ada dasarnya jadi masih terus dimatangkan

Aminudin Yakub

BENGKULU – Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat Aminudin Yakub mengungkapkan saat ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) sedang proses untuk mengeluarkan fatwa haram berpolitik uang dalam pemilu 2014.

“Saat ini sedang diproses  fatwa haram bagi yang berpolitik uang untuk caleg dan pemilih, oleh karena itu kalau berhubungan dengan korupsi maka hukumnya haram, namun sampai sejauh ini masih belum dikeluarkan fatwanya,” katanya pada acara diskusi public peran tokoh agama dalam mensukseskan pemilu 2014, kerjasama MPR RI dengan IAIN Bengkulu di Hotel Horizon, Minggu (2/3).

Dikatakan dia pentingnya MUI mengeluarkan fatwa ini mengingat politik uang dikhawatirkan akan berhubungan dengan korupsi dimasa yang akan datang. Namun menurutnya untuk mengeluarkan fatwa tersebut bila hasil kajiannya sudah lengkap secara akdemis, dan hasil tersebut dibawa dalam rapat pleno komisi Fatwa.

“Ada pokja khusus masalah sosial kemasyarakat, dan tidak serta merta langsung mengeluarkan fatwa namun ada dasarnya jadi masih terus dimatangkan,” lanjutnya. 

Dia sangat berharap masyarakat pada pemilu 2014 dapat berpikir cerdas dan memilih jangan karena menilai pemberian uang atau sogokan lainnya.

“Namun pilihlah calon pemimpin dan dewan yang benar-benar memiliki kapasitas dan komitmen yang jelas untuk kemajuan bangsa, sebab masyarakatlah yang menentukan hal tersebut,” jelasnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *