Milik Kementerian, Rencana Perluasan Pulau Tikus Terancam Batal

Oleh Tgl: March 23, 2014
Pulau Tikus 2

Memperluas Pulau Tikus memang suatu rencana yang baik, tetapi apa Pemprov tidak tahu ? kalau pulau ini wilayah Kementerian Perhubungan Dirjen pelabuhan laut

Kusnadi

BENGKULU – Rencana Pemprov Bengkulu yang ingin melakukan perluasan daratan Pulau Tikus terancam batal. Apa pasal ? sebab Pulau Tikus ternyata bukan milik Pemprov Bengkulu melainkan milik Kementerian Perhubungan kendati Pulau Tikus masuk RTRW Pariwisata Provinsi Bengkulu.

Hal ini diungkapkan oleh penjaga mercusuar di pulau ini, Kusnadi menurutnya pulau yang dahulunya digunakan sebagai tempat singgah kapal-kapal ini bukan milik Pemprov Bengkulu sehingga sangat sulit jika Pemprov Bengkulu ingin mengeksplor dengan memperluas pulau ini.

“Memperluas Pulau Tikus memang suatu rencana yang baik, tetapi apa Pemprov tidak tahu ? kalau pulau ini wilayah Kementerian Perhubungan Dirjen pelabuhan laut,” katanya, Minggu (23/3) di Pulau Tikus Bengkulu.

Menurut petugas kementerian yang sudah bekerja sejak tahun 80-an ini, jika Pemprov memang ingin menjaga keberadaan Pulau Tikus pihaknya menyarankan gubernur atau dinas terkait membicarakan persoalan tersebut ke kementerian sehingga masalah hukum tidak terjadi dari pengeksploran Pulau ini.

“Jangan sampai pemprov dituntut lantaran menganggu lahan orang lain. Baiknya dibicarakan terlebih dahulu saja takutnya ada polemik hukum akibatnya hanya menghabiskan anggaran saja,” terangnya.

Menurut dia, memang sudah semestinya pulau ini dilakukan perluasan dengan cara di Dam atau metode lainnya sebab selain sebagai aset pulau ini pun sering dikunjungi para wisatawan serta menjadi sandaran perahu nelayan di Kota Bengkulu.

“Kalau tidak dilakukan perluasan bukan tidak mungkin 15 tahun lagi daratan Pulau Tikus ini menghilang. Pemprov memang bisa menyalurkan perhatiannya sebab di Kementrian hanya menjaga Mercusuarnya saja yang berfungsi memberikan tanda karang bagi kapal-kapal,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *