Menteri LH Resmikan Intalasi Pengolahan Tinja

Oleh Tgl: March 24, 2014
Menteri LH Resmikan

Intalasi tersebut diintegrasikan dengan wc komunal yang menyalurkan biogas yang dihasilkan dari septik tank tempat penampungan tinja khusus yang kemudian dialirkan ke water trap yang akan menangkap gas yang dihasilkan

Prof. Dr. Balthasar Kambuaya

BENGKULU – Menteri Lingkungan Hidup (LH) Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, Senin (24/3) meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) biogas dan bioelektrik di Pondok Pesantren (Ponpes) Pancasila, kota Bengkulu.

Instalasi tersebut akan mengolah limba tinja menjadi gas dan tenaga listik yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis. “Dengan instalasi tersebut, dari 1 kg tinja akan dapat dihasilkan 0,03  kubik biogas,” kata kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) provinsi Bengkulu Iskandar Zo dalam laporannya.

Program tersebut, katanya, dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi pemanfaatan limbah tinja tersebut dengan program dari kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang telah membangunan wc komunal.

“Intalasi tersebut diintegrasikan dengan wc komunal yang menyalurkan biogas yang dihasilkan dari septik tank tempat penampungan tinja khusus yang kemudian dialirkan ke water trap yang akan menangkap gas yang dihasilkan,” jelasnya.

Ia mengatakan, program tersebut merupakan dari program penurunan emisi gas rumah kaca dan pengendalian pencemaran limbah domestik secara nasional.

“Dalam program tersebut, pemprov Bengkulu bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengaplikasikan teknologi biogas dan elektrik dengan memanfaatkan limbah tinja. Kedepan, kita akan perbanyak pembangunan wc komunal dan diharapkan kementerian LH dapat membantu melalui dana alokasi,”pungkasnya.(fr2)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *