Masyarakat Butuh Akses Pendidikan Berkualitas

Oleh Tgl: March 23, 2014
Ricky Foto 1-1

Akses informasi yang tepat berguna agar masyarakat sebagai penggunan lulusan dari perguruan tinggi dapat menggunakan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam proses seleksi penerimaan pegawai baru ataupun peningkatan jenjang karir

Prof. Dr. Diah Natalisa, M.BA

BENGKULU – Koordinator kopertis wilayah II Prof. Dr. Diah Natalisa, M.BA, di Bengkulu, Sabtu (22/3) mengatakan bahwa masyarakat membutuhkan akses informasi yang berkualitas, calon mahasiswa dapat memanfaatkan akses informasi yang telah tersedia dalam rangka pemilihan perguruan tinggi atau program studi yang tepat.

“Akses informasi yang tepat berguna agar masyarakat sebagai penggunan lulusan dari perguruan tinggi dapat menggunakan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam proses seleksi penerimaan pegawai baru ataupun peningkatan jenjang karir,” katanya.

Ia mengatakan, untuk dapat mencapai tujuan pendidikan tinggi sebagai satuan pendidikan maka dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi (PT) terdapat kewajiban yang harus dipatuhi oleh setiap perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Kewajiban tersebut tertuang dalam surat keputusan dirjen dikti nomor 034/DIKTI/KEP/2002 tentang petunjuk teknis pedoman pengawasan, pengedalian dan pembinaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa menurut uu nomor 12 tahun 2012 pasal 56 angka 4, penyelenggaran PT wajib menyampaikan data dan informasi penyelenggaraan PT serta memastikan kebenaran dan ketepatannya, dan laporan tersebut dapat diakses di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT).

“PDPT merupakan kumpulan data penyelenggaran seluruh PT yang terintegrasi secara nasional dan dapat diakses oleh masyarakat melalui laman forlap.dikti.go.id,” jelasnya.

Pada laman tersebut, lanjutnya, terdapat informasi detil dari setiap PT yang ada di seluruh Indonesia, baik PTN, PTS maupun PT kedinasan atau PT yang berada dibawah kementerian/lembaga negara lainnya.

Selain itu, katanya, untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan data perguruan tinggi, masyarakat juga dapat mengakses laman kpertis2.or.id atau dikti.go.id.

“Diharapkan dengan akses informasi yang merupakan sumber utama atau single source bagi dunia pendidikan tinggi di Indonesia, maka mahasiswa ataupun masyarakat dapat melihat gambaran kualitas layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi sebagai referensi untuk mendapatkan PT yang berkualitas,” pungkasnya.(fr2)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *