Madu Si Makanan Super Ada 9 Manfaatnya!

Oleh Tgl: March 24, 2014
Sarang Madu

Manusia menggunakan madu selama ribuan tahun untuk kesehatan yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman. Beberapa manfaatnya yang umum digunakan adalah untuk gangguan lambung dan pengganti gula pasir ketika dikonsumsi sebagai makanan. Berikut fakta yang menunjukkan manfaat si makanan super ini.

1. Antiseptik

Madu bisa menjadi antiseptik alami. Oleskan madu pada luka bakar ataupun luka ringan untuk mengeringkan lukanya. Pun mempercepat proses penyembuhan. Jadi tidak hanya sekadar dikonsumsi ‘kan?

2. Usir Batuk

Ya, madu dapat melegakan tenggorokan yang gatal karena batuk. Anda cukup menambahkan satu sendok teh madu pada segelas teh hangat atau teh jeruk nipis hangat dan meminumnya. Bukan hanya efektif mengusir batuk, madu ini juga dapat mengobati infeksi saluran pernapasan.

3. Mood dan Sumber Energi

Para atlet sering menambahkan madu pada minumannya—terutama air putih untuk memulihkan energi yang terkuras saat pertandingan. Bukan hanya sebagai sumber energi, madu juga bisa memerbaiki mood hanya dengan sekadar mencicipinya.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Madu juga hebat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama sel darah putih yang berguna untuk melawan bakteri ataupun virus yang masuk ke dalam tubuh.

5. Kecantikan

Nah, ini yang biasanya disukai perempuan. Madu menjadi salah satu resep rahasia buat produk-produk kecantikan. Namun Anda bisa menggunakannya dengan lebih natural sebagai masker dan untuk melembabkan bibir.

6. Gigi Awet

Wow! Ternyata mengonsumsi madu pada minuman lebih aman ketimbang gula biasa. Pasalnya kandungan madu justru malah menjaga keawetan gigi dan anti bakteri juga.

7. Antioksidan

Madu memiliki antioksidan yang tinggi, bagus buat kulit, melembutkan, melembabkan dan mencegah penuaan. Tidak hanya pada bagian luar saja, madu juga merawat jantung dan pembuluh darah.

8. Diare

Madu efektif menyembuhkan diare, terutama gangguan pencernaan yang sering diderita oleh anak-anak. Jangan segan menambahkan madu pada sereal ataupun bubur anak-anak agar lambung dna pencernaannya terjaga.

9. Kurangi Stres & Lelapkan Tidur

Ya, mengonsumsi madu bisa merilekskan tubuh sehingga dapat mengurangi stres. Jika Anda termasuk orang yang susah tidur, teh madu yang diminum sebelum tidur dapat melelapkan tidur Anda. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *