LSM Diminta Dukung Pelestarian Hutan

Oleh Tgl: March 18, 2014
Hutan Rusak

Apabila menemukan adanya pembakaran hutan atau lahan di wilayahnya agar segera dapat melibatkan aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Kepolisian setempat

Brigjen Polisi Tatang Sumantri

BENGKULU – Elemen masyarakat Provinsi Bengkulu diminta untuk mendukung pemerintah khususnya Polda Bengkulu dalam mengatasi masalah hutan dan kebakaran hutan.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Polisi Tatang Sumantri menurutnya selain pemerintah, aparat kepolisann elemen masyarakat khususnya LSM yang bergerak di lingkungan hidup untuk mengatasi masalah hutan, kebakaran hutan bahkan kalau ditemukan masalah bisa membantu mencari bukti tentang kerusakan hutan tersebut.

“Apabila menemukan adanya pembakaran hutan atau lahan di wilayahnya agar segera dapat melibatkan aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Kepolisian setempat,” ujarnya, Selasa (18/3).

Selain itu katanya, LSM yang bergerak di lingkungan hidup ini juga diminta untuk melakukan praperadilan terhadap aparat keamanan ketika menemukan kasus illegal logging atau pembakaran hutan atau pemberian izin tanpa mempertimbangkan kelestarian lingkungana.

“Apalagi hal ini sudah didukung dengan UU tentang Lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut, Tatang mengatakan penanganan kasus illegal loging dan pembakaran hutan di Provinsi Bengkulu dari hasil operasi tim memang ada yang ditemukan kasus tersebut, namun skalanya tidak terlalu besar dan semuanya sudah ditangani secara hukum.

“Selain itu dari laporan satelit bahwa ditemukan ada 1 kasus pembakaran lahan di Kabupaten Kaur, setelah dilakukan pengecekan ternyata, tidak ada,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *