Langgar Aturan, KPID Tegur 3 TV Lokal Bengkulu

Oleh Tgl: March 26, 2014
kpid bengkulu

Tiga TV itu kita tegur karena menyalahi aturan kampanye media penyiaran sebab waktu kampanye yang mereka gunakan melebih spot. Dimana setiap spot iklan ditetapkan berdurasi selama 30 detik

Kencanawati

BENGKULU – Koordinator Pengawasan Isi Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu Kencanawati di Bengkulu hari ini, Rabu (26/3) melayangkan teguran untuk 3 TV local di Bengkulu terkait pelanggaran tayangan iklan kampanye.

“Tiga TV itu kita tegur karena menyalahi aturan kampanye media penyiaran sebab waktu kampanye yang mereka gunakan melebih spot. Dimana setiap spot iklan ditetapkan berdurasi selama 30 detik,” jelasnya.

Tiga lembaga penyiaran televisi yang melanggar aturan tersebut yakni Rakyat Bengkulu Televisi, Bengkulu Televisi, dan ESA Televisi yang melanggar Peraturan KPU nomor 1 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye.

Dikatakan dia aturan terkait penayangan iklan kampanye ini juga sudah disepakati bersama oleh Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, KPI, dan Komisi Informasi Pusat tentang Kepatuhan pada Ketentuan Pelaksanaan Kampanye Pemilu Melalui Media Penyiaran.

“Sebenarnya televisi seharusnya sudah tahu sebab sudah sering dilakukan sosialisasi,” jelas dia.

Dia menjelaskan berdasarkan kesepakatan penayangan setiap iklan untuk satu partai politik atau calon perseorangan maksimal 10 kali atau spot per hari. Meski kenyataan dari pemantauan KPID, ada TV yang melanggar aturan itu sebab menayangkan lebih 20 spot atau 20 kali tayang per hari.

Jika masih melanggar, kata dia KPI akan mengirim surat teguran kedua. Dan Jika surat teguran kedua masih tak mempan pihaknya juga bisa melakukan penghentian acara yang iklan yang melanggar itu.

“Teguran kita sampaikan tiga kali kalau masih saja membandel kita lakukan penghentian acara atau sampai pencabutan izin siar TV itu,” tuturnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *