KPU Susun DPK Untuk Warga Tidak Terdaftar DPT

Oleh Tgl: March 6, 2014
Logo-KPU

Pemilih yang terdaftar dalam DPK ini adalah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, sehingga didaftarkan dalam DPK

Siti Baroroh

BENGKULU – Divisi Program dan Data KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh mengungkapkan saat ini pihak KPU tengah menyusun Daftar Pemilih Khusus  (DPK) untuk warga yang memiliki hak pilih namun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dimasukan dalam DPK.

“Perbaikan data pemilih tetap (DPT) terus dilakukan dan sekarang KPU sedang melakukan pengecekan terhadap data Daftar Pemilih Khusus (DPK). Pemilih yang terdaftar dalam DPK ini adalah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, sehingga didaftarkan dalam DPK,” katanya.

Siti  mengungkapkan data DPK yang sudah ada langsung diunggah kedalam sistem pendataan pemilih  (Sidalih) dan data pemilih yang masuk dalam DPK saat ini sudah sebanyak 5364.

“Data sifatnya sementara bisa saja berubah, karena masih dalam pengecekan untuk memastikan bila warga yang masuk dalam DPK tersebut tidak terdaftar dalam DPT,” ujarnya.

Dijelaskan Siti mengenai daftar Pemilih khusus ini adalah pemilih yang belum terdata di daftar pemilih sementara (DPS), lalu belum terdata dalam DPSHP, dan DPT, sesuai dengan ketentuan PKPU no 9. “Data tersebut diterima dari PPS/PPK akan di cek ulang dalam sidalih, sebab bisa saja data yang sudah masuk dalam sidalih ini sudah terdata ditempat lainnya,” ujarnya.

Siti berharap warga bisa untuk proaktif melakukan pengecekan ke setiap PPS yang ada, untuk memastikan namanya telah dimasukan dalam DPT atau tidak. Karena kalau belum dimasukkan bisa diakomodir ke DPK.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *