KPU : Mahasiswa Boleh Memilih Ditempat Rantauan

Oleh Tgl: March 18, 2014

Dengan menggunakan form A5 atau surat keterangan pindah memilih. Mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya

Siti Baroroh

BENGKULU – Terkait desakan gabungan dari mahasiswa Universitas Bengkulu, IAIN dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) beberapa waktu lalu yang meminta kejelasan memilih untuk mahasiswa perantau. KPU Provinsi Bengkulu akhirnya memberikan kelonggaran untuk memilih ditempat rantauan asal ada form A5.

Hal ini diungkpakan oleh anggota KPU Provinsi Bengkulu Divisi Pendataan dan Keuangan, Siti Baroroh mengungkapkan mahasiswa yang berasal dari luar daerah Bengkulu dapat menggunakan formulir A5 untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 9 April 2014 mendatang.

“Dengan menggunakan form A5 atau surat keterangan pindah memilih. Mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya, Selasa (18/3).

Surat A5 itu kata dia harus segera diurus oleh mahasiswa jika tidak ingin kehilangan hak suara dalam Pemilihan umum 5 tahunan itu sebab batas waktu pengurusan form A5 itu sampai 29 Maret.

Baroroh mengatakan kelonggaran ini berdasarkan peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2013 dan untuk memperoleh A5 ini harus mengurus ditempat asal jika sudah terdata ditempat asal.

“Kita harapkan A5 dapat maksimal. Mahasiswa dapat melaporkan ke PPS kab/kota dan kalau memungkinkan H-10 sudah dapat form A5 untuk mereka yang tidak memilih. Makanya dari sekarang kita dorong mereka bisa melaporkan Ke PPS dan segera meminta A5nya,” jelasnya.

Dikatakan dia jika tidak memungkinkan mengurus A5 ditempat asal, mahasiswa juga tidak perlu khawatir sebab PPS di kab/kota tempat rantaun juga bisa mengeluarkan A5 asal memberikan surat keterangan identitas diri.

“Jadi gini kalau di PPS kabupaten/kota tidak memungkinkan untuk membuat A5. PPS di Kabupaten/kota tempat rantauan jua bisa mengeluarkan A5 asal tidak memungkinkan membuat A5 ditempat asal. Kalau sekarang kan masih memungkinkan untuk meminta A5 di PPS asal,” tuturnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *